Daftar Kayu Terbaik Untuk Membuat Furniture Berkualitas

Kayu adalah batang dari sebuah tanamanan atau pohon yang menjadi pilar utama untuk penyangga. Untuk menjadi sebuah batang kayu yang matang atau siap ditebang dibutuhkan waktu hingga puluhan tahun lamanya, tergantung jenis kayu itu sendiri.

Jenis kayu dikategorikan menjadi dua, yaitu kayu lunak dan kayu keras. Dari kedua jenis tersebut kayu keraslah yang bisa dimanfaatkan menjadi produk mebel atau furniture. Karena kayu keras memiliki kekerasan tertentu sehungga mudah dipotong, dibentuk maupun di ukir. Selain itu jenis kayu yang asalkan memiliki tingkat kekerasan yang cukup baik bisa digunakan untuk membuat furniture ataupun mebel yang memiliki kualitas baik dan masa pakai yang lama.



Hampir semua jenis kayu keras dapat digunakan menjadi produk furniture, akan tetapi hanya 7 kayu ini yang terbaik untuk furniture, yaitu: jati, mohoni, mindi, sono, trembesi, akasia, dan akasia. 7 daftar kayu tersebut sudah banyak digunakan masyarakat dalam pembuatan berbagai perabot mebel seperti: meja, kursi, lemari, tempat tidur, partisi, bufet dan lain-lain.
Kayu-kayu terbaik tersebut diyakini memiliki kekuatan yang baik serta masa pakai yang lama, jadi wajar saja kalau banyak di budi dayakan di indonesia, Simak baik-baik dibawah ini.

Daftar urutan kayu terbaik untuk Membuat Furniture berkualitas.


Kayu Jati


Siapa dari kalian yang tidak tahu kayu jati?? Kayu yang satu ini sangat banyak  di minati oleb mayarakat indonesia untuk dijadikan furniture, hal tersebut dapat dibuktikan dengan jati menjadi mayoritas furniture yang di produksi di jepara, sepertinya lebih dari 70% pengrajin mebel dijepara menggunakan bahan baku kayu jati sedangkan sisanya 30% menggunakan bahan baku kayu lain.

Peminat kayu jenis ini tidak hanya di Indonesia tapi bahkan hingga level Internasional. Jati dipilih karena memiliki banyak kelebihan, baik dari segi corak maupun ketahanannya. Produk yang dihasilkanpun terkensan mewah dan mempesona, jadi wajar banyak diminati. Tapi harga yang harus dibayar untuk sebuah produk jati sangat mahal, hal tersebut disebabkan oleh proses tanam yang sangat lama serta kebutuhan kayu jati semakin tinggi sehingga harga kayu jati jadi semakin mahal. 

ada banyak aneka produk furniture yang terbuat dari jati, salah satunya adalah lemari, penggunaan jati dalam membuat lemari membuat lemari awet dan tahan lama.

Kayu mahoni


Kauyu mahaoni adalah salah satu tanaman tropis yang banyak dibudi daya di indonesia. Sepertihalnya jati, mahoni juga salah satu jenis kayu yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Yang merupakan Jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat furniture.
Kayu mahoni dipilih karena selain kualitasnya cukup baik, harganyapun jauh lebih murah dari kayu jati. Jadi wajar saja kalau produk-produk mebel mahoni memiliki harga murah.
Namun ada beberapa hal yang menjadi kekurangan kayu mahoni, yaitu mahoni rawan hama kayu sehingga mudah sekali keluar bubuk(serbuk kayu), jadi produk mahoni harus melalui proses tambahan yaitu proses pemberian obat sehingga tidak akan muncul hama dikemudian hari.

Kayu mindi


Kayu mindi adalah kayu yang memiliki urat yang sangat cantik dan dapat dilihat dengan jelas. Walaupun kekokohan mindi tak sekuat mahoni, namun Harganya sedikit lebih mahal dari mahoni. Kemungkinannya karena jenis mindi susah atau sulit dijumpai, khusunya jepara. Saya sendiri merasa lebih gampang mencari jati atau mahoni ketimbang mindi.
Produk yang dihasilkan mindi biasanya furniture indoor atau interior, hal tersebut karena kayu ini mudah lapuk dan tidak awet, jadi jika basah ataupun terkena tanah langsung gampang rusak.

Kayu trembesi


Kayu trembesi adalah kayu yang stoknya di alam masih cukup banyak, jadi masih sangat mudah menjumpai trembesi yang memiliki ukuran yang besar. Umumnya kayu trembesi lebih menonjolkan ketebalan kayunya pada produknya  selain itu trembesi mudah sekali di pahat atau ukir karena memiliki urat yang halus, sehingga kayu ini menjadi pilihan utama untuk pembuatan relief ataupun patung. Permintaan furniture dan patubg kayu trembesi cukup banyak, permintaan tersebut tidak hanya dari lokal saja, namun dari mancanegara juga lumayan banyak. Jadi saya rasa tidak ada salahnya membeli mebel dari kayu trembesi.

Kayu sonokeling


Kayu sonokeling adalah salah satu kayu yanh unik, karena memiliki warna alami berwarna hitam walaupun tanpa pewarnaan. Selain itu furniture sonokeling dikenal kuat, elegan dan tahan lama seperti kayu jati. Sebab kayu sonokeling ini juga memiliki urat dan tekstur kayu yang cantik. Sehingga wajar saja kalau banyak digunakan oleh masyarakat kelas atas.
Harga kayu sono keling perkubik (m³) sama mahalnya seperti jati, jadi kalau mebel sonokeling harganya mahal jangan kaget ya.

Kayu akasia


Jika dilihat secara langsung kayu akasia mirip sekali debgan jati, baik pada warna dan serat kayu. Dan hal tersebutlah yang menjadi alasan kayu ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai alternatif dalam membuat furniture. Walaupun harganya murah, jauh lebih murah dari jati mahoni, namun kualitasnya tidak kalah dengan kayu lain. Akan tetapi walaupun memiliki kelebihan yang banyak, kekurangan kayu akasia juga cukup banyak, salah satunya adalah mudah di serang hama dan mudah sekali susut walaupun sudah dikeringkan. Jadi hati-hati saat membeli mebel dari akasia.

Kayu pinus


Kayu pinus adalah salah satu jenis kayu dari daerah tropis yang bernilai harga yang tinggi serta pemanfaatan yang banyak di banyak bidang, seperti halnya jati dan mahoni kayu ini juga cukup diterima di pasaran.

Ciri khas kayupinus umumnya digunakan dalam industri mebel indoor, dan tidak cocok digunakan untuk membuat furniture garden atau outdoor karena tidak terlalu tahan lama dan mudah lapuk. Dan hal tersebutlah yang menjadi salah satu kelemahan dari kayu pinus.

Sekian tentang 7 urutan kayu untuk Membuat Furniture agar berkualitas, semua kayu yang saya sebutkan di atas sangat populer di indonesia dan semua jenis kayu tersebut mudah dijumpai.

0 Response to "Daftar Kayu Terbaik Untuk Membuat Furniture Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel