Tips Bagaimana Merawat Furniture Jati Agar Awet

Kalian memiliki mebel kayu jati dirumah? .Tentunya kalian ingin mebel jati kesayangan kalian terawat denan baik kan?

Ternyata, Bukan hanya kalian loh yg punya permasalahan sama, apalagi buat beli furniture jepara itu saja, mengeluarkan kocek yang tidak sedikit, mempunyai furniture jepara misalnya memiliki benda antik yg semakin usang semakin mahal harganya, buat itu perlu dirawat menggunakan baik agar permanen awet terjaga keindahannya & bahkan bisa diwariskan secara turun temurun. Cara merawat mebel kayu memang susah susah mudah, niat ingin membersihkan mebel malah akan Mengganggu apabila kita melakukannya menggunakan cara yang kurang tepat. Perawatan yang kurang sempurna umumnya akan menyebabkan jamur pada kayu jati.

Ketika bahan pelapis kayu belum ditemukan, umumnya masyarakat menggunakan sisa kelapa (ampas) buat menggosok atau memoles perabot kayu jatinya agar estetika rona serat kayunya permanen telihat cemerlang, mengkilap dan tak mudah berubah warna, akan tetapi ampas kelapa ini seringkali mengakibatkan goresan di permukaan kayu. Disamping itu biasanya juga menggunakan bahan lilin lebah buat melindungi kayu jati, hal tersebut digunakan sebagai peresap air sebagai akibatnya tak gampang lapuk, permanen bertenaga, dan awet.

Akan tetapi setelah mengenal teknologi bahan pelapis, para pengajin kayu menggunakan bahan serbuk serlak gum yg dikenal di masyarakat sebagai plitur, melamin, NC, dan terakhir adalah bahan finishing kayu water based wood coating (wbwc) yang lebih aman telah mulai sering dipakai buat melindungi dan menaikkan estetika mebel jati. Namun perawatan rutin merupakan hal mutlak yg wajib  dilakukan agar furniture jepara yang berharga tersebut permanen terjaga keindahannya & tetap bernilai tinggi sepanjang masa.


Tips Bagaimana Merawat Furniture Jati Agar Awet Dan Tahan Lama




  • Posisikan furniture kalian  pada tempat yang bersih dan dengan suhu normal. Kelembaban udara tinggi bisa mempercepat proses oksidasi kayu, yg dapat mengakibatkan agresi jamur dan merupakan syarat ideal buat perkembangbiakan rayap atau serangga kayu lainnya. Usahakan juga agar mebel tersebut tak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, lantaran dapat membuat mebel kalian terlihat kusam, lapisan retak atau bahkan melengkung.
  • Pastikan bagian atas furniture kalian selalu higienis dan higienis, dengan rutin membersihkan dari debu & kotoran, bisa menggunakan menggunakan lap atau kemoceng, atau alat pembersih lainnya. Bersihkan sela-sela gesekan atau sudut mebel jati atau teak mebel menggunakan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu & fungi acapkali bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yg susah dijangkau menggunakan kain lap. Sapukan kuas dengan halus hingga higienis. Apabila ingin memakai pledge [cairan pembersih khusus furniture], semprotkan seperlunya pada permukaan furniture & pastikan bagian atas dibersihkan menggunakan kain ball & abaikan mengering.
  • Gunakan air bersih & sedikit deterjen untuk membersihkan kotoran yang membandel dan menempel. Jangan gunakan bahan pembersih mebel [funiture cleaner] yang mengandung bahan solvent seperti metanol, toluen, acetone dll. Bahan-bahan kimia seperti ini memang bisa membersihkan dengan gampang namun bisa merusak lapisan top coating.
  • Jika kalian menyukai urat furniture jati dengan urat alami jati, kalian menggunakan dan memolesnya dengan minyak jati. akan tetapi jika mebel tersebut diletakkan di diluar ruangan (outdoor), umumnya finishing atau pewarnaan akan memudar 2 sampai 3 tahun. jadi kalian bisa memfinishing ulang setiap 3 tahun.
  • Setiap penanganannya juga wajib  dilakukan dengan hati-hati contohnya, cara memindahkan sebuah kursi antik wajib  diangkat berdasarkan bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau skalianrannya saja. Lantaran kita tidak akan pernah memahami, bila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.
  • Jagalah permukaan mebel dengan baik, menghindari adanya tabrakan, noda maupun rona yg semakin kusam, misalnya menggunakan selalu memakai taplak pada atas permukaan meja atau kursi & sofa diberi busa menjadi alasnya. Taplak dapat meminimalisir kemungkinan yang bisa Mengganggu furniture kalian secara perlahan

Selain cara-cara diatas, kalian bisa coba tips secara yang secara natural berikut ini.

Tips Bagaimana Merawat Furniture Jati Secara Alami


Berikut ini beberapa bahan-bahan tertentu yg dapat membantu membersihkan kotoran pada furniture jepara kalian .




  • Biji kemiri. Selain digunakan buat menghitamkan rambut biji kemiri pula bermanfaat buat merawat mebel jati. Caranya merupakan menggunakan membakar 5 biji kemiri tersebut sampai keluar minyaknya. Bungkuslah kemiri dengan kain kasa dan hancurkan dengan cara dipukul. Kemudian gosok furniture kalian menggunakan kemiri yang dibungkus kain kasa tadi. Dan, voila !!! Kini mebel jati kalian telah mengkilap seperti baru lagi
  • Tepung sagu, tepung kanji, atau tepung maizena bisa digunakan buat membersihkan mebel. Caranya taburkan tepung kanji ke bagian furniture yang kotor penuh menggunakan bekas telapak tangan. Kemudian gosokkan secara merata sampai furniture kalian terlihat bersih.
  • Air teh basi. Jangan buang sisa teh basi kalian ya, Gunakan sisa air teh basi buat membersihkan furniture kalian, lantaran air teh basi sangat cocok apabila dipakai buat membersihkan mebel. Cara sederhananya relatif oleskan dalam bagian furniture kalian , namun selesainya itu keringkan secara total ya, agar furniture kalian tidak lembab.
  • Air cuka. Caranya, campurkan ¼ cangkir cuka & 1 cangkir minyak zaitun, kemudian poles furniture kalian dengan larutan tadi.  Cara lain yaitu menggunakan mencampurkan 2 sendok makan cuka & 1 sendok makan air, ambil spons kemudian celupkan ke larutan tadi selesainya itu oleskan dalam noda. Setelah itu lap mebel kayu jati hingga kering. Terakhir berikan warna atau plitur kembali mebel kalian.
  • Semir sepatu. Oleskan semir sepatu dalam lap kemudian gosokkan dalam mebel jati kalian.
  • Untuk membersihkan noda air yg membandel, oleskan pasta gigi dalam kain yang sudah dibasahi air, jika noda air agak susah dibersihkan, pakai washing soda. Kalian  bisa membeli washing soda di toko-toko bahan kimia. Jika masih belum mampu hilang, gosoklah menggunakan gabus. Selain itu, sanggup dengan cara mencampur abu gosok dengan sedikit minyak goreng lalu gosokkan larutan ini pada mebel kalian .
  • Untuk menghilangkan noda putih pada mebel jati,  kalian sanggup mencelupkan kain ke pada minyak goreng yang sudah dicampur dengan abu rokok. Gosokkan kain dalam noda tersebut sampai tak ada lagi bekasnya. Cara lain yaitu memakai gabus yg dicelupkan ke pada larutan minyak goreng & abu rokok. Lalu gosok gabus tersebut pada noda sesudah itu lap furniture menggunakan kain yg lembut hingga kering.
  • Untuk membersihkan noda bekas tetesan lelehan lilin diatas meja, caranya merupakan menggunakan menggunakan hair dryer [Pengering rambut] yg sudah pada keadaan panas, kemudian arahkan hair dryer ke bekas noda lilin tersebut hingga lilin meleleh lagi. Kemudian gunakan kain lap yang lembut atau tisu buat digosokkan ke noda tersebut hingga higienis. Langkah terakhir gosok lagi meja dengan kain basah yang sudah dicampur sedikit cuka.
  • Untuk membersihkan bekas sticker yg melekat di furniture jati, teteskan sedikit minyak goreng pada sticker yang ingin dibersihkan, abaikan minyak meresap. Lalu gosok memakai kain yang lembut dan ulangi hingga sticker terlepas & noda hilang.
  • Itulah tips-tips yg kami berikan semoga berguna buat merawat furniture jepara / furniture jati kesayangan kalian dirumah. Mebel jati yang terawat bukan hanya akan terlihat indah dalam waktu dipakai, tetapi juga dapat bernilai tinggi dikemudian hari. Maka rawatlah furniture jati kalian dengan baik.

Jika Artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kalian, siapa tahu dengan membuatkan Artikel ini sanggup menjadi kebaikan untuk kalian. & sahabat-teman kalian  yang memiliki furniture pun pula mampu mencicipi Manfaatnya.

0 Response to "Tips Bagaimana Merawat Furniture Jati Agar Awet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel