Penyebab Harga Furniture Di Jepara Murah

Kali ini saya akan membahas kenapa harga furniture di jepara murah, dan apa peyebabnya. Namun sebelum itu kita sedikit ulas tentang hubungan kota jepara dengan furniture.
Jepara ialah sebuah kabupaten disebelah pantai utara yang berpatasan langsung dengan kudus, demak dan pati.  Jepara selain dikenal sebagi tempat kelahiran ra kartini, juga dikenal dengan pusat mebel/furniture indonesia yang memiliki harga murah. Walaupun harga mebel jepara murah tetapi kualitas mebelnya sudah diakui di seluruh indonesia bahkan dunia, hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah export keluar negeri yang selalu meningkat.


Furniture Murah di jepara
Harga Furniture murah Di Jepara


Produk mebel yang dijual beraneka ragam dari yang berukuran standart hingga yang besar, dari yang minimalis hingga berukiran rumit, dan dari yang klasik sampai yang modern semua desain ada di jepara, semuanya dapat di sesuaikan dengan budget kalian, karena dari harga furniture termurah hingga yang termahal ada. Oh iya, semahal-mahalnya produk jepara jika dibandingkan dengan tempat lain harga furniturenya tetap yang termurah.
Ada banyak sekali alasan penyebab harga mebel yang dijual di jepara harganya lebih murah dengan tempat lain. Dan walaupun lebih murah tetapi memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari pada dengan  tempat lain. Dan perlu diketahui juga kalau produk mebel jepara sudah di distribusikan ke seluruh pelosok indonesia, jadi mungkin saja produk dirumah kalian itu berasal asli dari jepara. Harga mebel kayu murah di jepara  banyak sekali faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah  tenaga kerja yang murah, untuk detainya simak dibawah ini

Penyebab Harga Furniture Di Jepara Murah

1. Tenaga Kerja Tukang Yang Murah

Salah satu penyenbab harga furniture kayu di jepara murah adalah karena gaji tukang kayu yang murah, biasanya menggunakan  sistem borong namun adapula yang dihitung harian sekitar antara 60ribu-80ribu per hari. Bandingkan saja dengan tempat lain, tukang kayu berpengalaman biasanya dihargai diantara 100ribu hingga 150ribu. Jadi sekarang banyak tukang yang tinggal dijepara yang memilih merantau agar mendpatkan gaji yang lebih. Dan mungkin saja tukang kayu di tempat kalian itu berasal dari jepara,heehheehe.

2. Akses Bahan Baku Kayu Yang Mudah.

Sangat mudah sekali untuk mendapat bahan baku kayu jati, mahoni, mindi, sonokeling, meh, secara legal dijepara. Ada banyak lapak yang menjual berbagai jenis kayu dijepara. Dan tidak sulit pula untuk menjumpai tempat pengrajian kayu dijepara. Dan hal tersebutlah yang membuat  harga mebel kayu yang dijual di jepara jadi lebih murah. Bandingkan dengan tempat lainnya, akses untuk mendapatkan kayu yang legal sangatlah susah terutama kayu jati yang harus memiliki surat ijin tebang dari perhutani (svlk). Begitupun dengan pengrajian kayu log susah dijumpai. Alhasil mereka harus menebang kayu sendiri(hal ini sangat ilegal), dan mengergaji hingga menjadi papan sendiri, dan hal tersebut membutuhkan biaya yang mahal. Jadi akses bahan baku kayu yang mudah juga mempengaruhi harga mebel itu sendiri.

3. Persaingan Harga Yang Tidak Wajar.

Kalau kalian akan  membeli langsung furniture dijepara, passti kalian akan melihat deretan rumah-rumah yang menjual furniture atau mebel secara langsung. Dan karena tidak adanya standaraisasi kesepakatan harga maka antara satu tempat dengan tempat lain memiliki harga yang berbeda. Hal itu memicu persaingan harga yang tidak wajar, banyak sekali pengrajin yang menjual funiture mereka dengan harga dibawah rata-rata untuk mendapatkan pembeli, dan kemudian pengrajin lain akan melakukan hal yang sama guna mendapatkan pelangan, hal itu saya rasa peraingan yang  tidak sehat sama sekali, karena akan merusak harga dan menjadikannya semakin jatuh dan murah saja.

4. Alat Tukang Yang Lengkap.

Di produsen mebel kayu jepara hampir semuanya memiliki alat tukang yang lengkap dan memadai, mulai dari serut, planner, jointer, mesin profil, grinda, bor, bobok, gergaji sirkel dan bengkok, semua ada, semuanya dapat dibeli di jepara secara mudah tanpa harus kepusat kota yang belum tentu juga ada. Hal tersebut akan membuat proses produksi menjadi lebih cepat dan rapi dibandingkan dengan manual tanpa mesin. Sedangkan kalau di tempat lain saya kurang faham tentang lengkap atau tidaknya alat disana.

Sekian tentang penyebab harga furniture di jepara murah, sebenarnya masih banyak lagi jika ditelusuk lebih lanjut, tapi menurut saya pribadi ke 4 hal di atas adalah penebab utamanya.


0 Response to "Penyebab Harga Furniture Di Jepara Murah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel