Tips Bagaimana Memilih Mebel Untuk Apartemen

Tanpa adanya mebel sebuah ruangan hanya akan terlihat kosong, sunyi, dan tentu saja tidak menarik. Terlebih lagi, keberadaan mebel dinilai sangat amat penting, mengingat masing-masing perabotan apartemen jelas memiliki fungsi yang berbeda.

Hal yang serupa juga berlaku terhadap apartemen atau apartemen kita. Tidak peduli banyak atai sedikit, sedikit bagus atau jelek, bahkan murah atau mahal mebel yang dimiliki, semuanya jelas berguna.walaupun sebagai pajangan maupun fungsi utamanya.

Untuk mereka yang memiliki selera tinggi, proses memilih mebel kadang kala menjadi hal yang rumit. Akan ada banyak sekali pertimbangan yang yang dipertimbangkan dalam pemilihan mebel; baik berdasarkan atas selera ataupun kebutuhan. Padahal, memilih mebel  menurut saya pribadi sebenarnya mudah sekali. Asalkan senada dengan desain ruang yang akan dibangun, buged, dan kebutuhan. Semunya bahkan bisa kita lakukan sendiri, tanpa harusdatang dan berkonsultasi dengan jasa desain interior yang sama sekali tidak murah.

Harus di mengert, tidak ada mebel yang sengaja dibuat secara asal-asalan. Semuanya pasti punya bentuk dan desain yang menarik antara satu dan lainnya. Masalah akan muncul ketika tidak semua orang ahli dalam menserasikan mebel dengan desain konsep ruangan. Yang pada akhirnya, seluruh hal yang menarik,Terlebih lagi yang harganya mahal tidak mampu lagi menjamin ruang apartemen kalian bisa terlihat cantik dan menarik. Lalu bagaimana cara atau proses pemilihan mebel yang tepat?  Dan Apa saja yang menjadi tolak ukur dalam memilih mebel untuk apartemen yang tepat?

Adapun sebelum memulainya, terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih mebel buat apartemen. Seperti yang sudah saya disebutkan sebelumnya, setiap mebel punya fungsi fungsional dan estetika sendiri. Fungsional erhubungan dengan kegunaan mebel tersebut untuk ruang. Seperti kursi kayu digunakan untuk duduk dan lemari buat menaruh sesuatu dsb. Sedangkan estetika berhubungan dengan sejauh mana sebuah mebel mampu mendukung keindahan apartemen.

Persiapan Sebelum Membeli  Mebel
Prosesnya memilih furniture atau meubel memang terkesan sederhana. Tetapi, sebelum memilih mebel, sebaiknya diskusikan dahulu dengan mengajak keluarga dan penghuni apartemen untuk menentukan pilihan mana yang akan dibeli ( desain yang bagaimana, dan warna apa). Hal Ini mencakup kebutuhan perabot apa yang akan dibeli, selera, serta yang paling utama biaya atau buged.
Dan yang paling penting, pemilihan mebel haruslah sesuai dengan desain apartemen yang sudah ada. Sebuah apartemen bertema minimalis tentu paling cocok di isi mebel minimalis juga. Hal yang serupa juga berlaku pada tipe apartemen klasik yang akan cocok bila diberi furniture antik: kalian bisa menggunakan mebel berbahan kayu jati sesuai selera. Furniture apa pun yang kalian pilih, pastikan perabot/mebel bisa tampil selaras, menyatu dengan desain ruang, nyaman, dan menyenangkan secara visual jika dipandang.

Memilih Mebel Untuk Apartemen


Pikir matang-matang sebelum membeli, pilih tipe mebel apa yang paling ideal untuk tempat tinggal kalian. Setelah itu barulah kalian dapat masuk ke tahapan selanjutnya, dari pengukuran ruangan yang akan di isi furniture (luas ruang, tinggi lantai dan plafon, sampai bentuk dinding, dsb), pemilihan cat atau warna yang senada dengan warna ruangan, penetapan furniture, dan penyesuaian dengan furniture lain yang sebelumnya sudah dimiliki di apartemen yang sudah ada

Tips Memilih Mebel

Artikel ini akan sedikit mengulas tentang beberapa tips memilih mebel dengan tepat buat apartemen. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Menserasikan Mebel Dengan Keadaan Ruang

Hal Ini adalah sesuatu yang mutlak yang harus kalian lakukan. Walaupun kalian punya mebel yang sangat mahal sekalipun, jika tidak senada dengan konsep desan ruang, tentu malah akan merusak tatanan desain apartemen dan membuang waktu, uang, dan tenaga saja. Sedikit tips ini mungkin akan membantu kalian dalam memadu padankan furniture dengan ruangan di apartemen kalian.

Ukuran Mebel

Untuk mendapatkan furniture yang ukurannya ideal denga apartemen, ada baiknya kalau kita terlebih dulu menentukan ukuran dan kondisi ruangan yang ada.  Misalnya, apartemen minimalis dengan keterbatasan ruangukuran ruangan maka tentu akan lebih cocok jika diisi dengan beragam mebel berukuran tidak terlalu besar dan memiliki desain yang simple. Adapun kalau memang memaksakan untuk meletakkan mebel yang terlampau besar hanya akan membuat tempat tersebut terasa sempit, dan tidak nyaman saja.
Jadi jika ruangan kalian kecil, hindarilah membeli mebel berukuran besar, dan memang benar-benar dibutuhkan jangan membeli yang akhirnya perabot itu tidak sesuai dan tidak dibutuhan keluarga. Selain pengeluaran semakin banyak, hal ini juga akan mengakibatkan tampilan apartemen jadi tidak enak dipandang.

Fungsi Ruang Dan Mebel

Pemilihan meubel sebaiknya disesuaikan dengan dengan fungsi masing-masing ruangan apartemen. Misalnya, ruang keluarga. Mengingat fungsinya krusialnya sebagai tempat berkumpul keluarga dan ngobrol santai, amaka kalian sebaiknya memilih sofa yang berukuran sedikit lebih besar dan nyaman saat dipakai duduk bersama guna untuk mengakomodasi fungsi tersebut, dan pilihlah desain yang soft atau nonformal, selain itu  juga mebel yang tahan  terhadap risiko noda tumpahan makanan maupun minuman.
Ada banyak cara untuk memperindah dan menciptakan suasana nyaman dan elegan, kalian juga bisa menambahkan mebel khusus untuk menyimpan benda. Toh sekarang ada banyak yang menjual lemari maupun console yang memiliki model dan desain yang kekinian, dengan ukuran yang ber aneka ragam.
 Dan Bijaklah dalam memilih mebel. Mungkin Ada kalanya, kalian akan cenderung ingin membeli furniture yang harganya mahal, cuman karena hanya karena kalian tergiur menyukai bentuk, fitur; atau justru karena merek terkenal yang melekat pada furniture tersebut. Padahal kalian sendiri merasa tidak terlalu membutuhkan mebel tersebut. Kebiasaan itu tentu tidak baik, sebab sudah jelas kalau kalian jelas berisiko menghabiskan uang  untuk hal-hal yang tidakdibutuhkan.

Pemilihan Warna Mebel

Pilihlah warna mebel atau furniture yang senada dengan warna utama ruangan, atau juga elemen dekorasi interior yang sudah dulu ada. Caranya sangat mudah, bisa dengan cara menyelaraskan warna utama yang ada di dalam ruang tersebut dan menghindari penerapan warna tolak belakang atau kontras. Cara tersebut sendiri sangat penting, terutama untuk memastikan apakah kehadiran mebel dapat menyatu atau tidak dengan ruangan apartemen, atau bahkan akan menimbulkan ketimpangan yang mampu merusak nilai estetika ruangan dalam apartemen itu sendiri.

Desain Mebel

Sudah menjadi hal yang wajar bahwa kalian harus memilih desain mebel yang sesuai dengan desain apartemen. Walaupun demikian, tetap dianjurkan agar kalian memilih desain mebel yang tidak lekang oleh zaman. Selain menghemat buged, kalian pun bisa berkreasi dengan memadu padankan  tampilan mebel agar kekinian.

2. Pilih Mebel Dari Bahan Berkualitas Dan Memiliki Konstruksi Yang Kuat

Ada banyak bahan meubel yang tersedia di pasaran terutama yang dari kota jepara. Tetapi untuk memilih furniture yang memiliki usia dan ketahanan yang lebih lama, kalian mungkin bisa memilih mebel dengan konstruksi dari kayu. Ada banyak sekali contohnya, kalian bisa ditemui produk mebel kayu tersebut di Jepara. Selain terlihat alami, kayu juga punya daya tahan yang lebih baik, dari pada bahan lain seperti kayu partikel dan alumunium.
Adapun pada finishingnya  pastikan kalian memilih meubel dengan kualitas finishing dan bahan kain pelapis yang terbaik. Adapun Beberapa tolak ukurnya, seperti merek bahan dan teknik pernis berpengaruh terhadap ketahanan akan kotoran maupun debu, kemudahan dalam perawatan, serta kualitas dari warna.

3. Sesuaikan Mebel Dengan buged

Ada banyak jenis mebel yang dapat kalian pilih, sangat disarankan untuk menyesuaikan dengan biaya yang kalian miliki saja, kalian dapat mencari referensi harga via toko online di internet. Meskipun saya rasa ini tidak terlalu berpengaruh dan dinamis, kalian bisa membeli mebel murah, tapi perlu diketahui murah boleh tapi jangan murahan.


Adapun upaya untuk menghemat buged sebenarnya tidak berhenti saat proses pemilihan mebel berakhir.  Kalian juga harus memastikan, agar setidaknya mebel/furnitur yang dipilih tidak mengakibatkan buged yang membesar di kemudian hari.
Beberapa tips membeli mebel yang harus kalian perhatikan:

  • Memilih perabotan tidak memenuhi ruangan
  • Bersabar untuk tidak membeli mebel secara terburu-buru
  • Senantiasa mengecek label mebel serta klaim garansi yang diberikan
  • Memilih perabot dengan warna yang dinamis, karena mebel berwarna cerah cenderung memiliki harga yang sedikit lebih mahal
  • Membeli satu set mebel.

Membeli mebel yang tepat untuk apartemen memang gampang-gampang susah. Akan tetapi, bukan berarti susah. Adapun beberapa hal yang sudah saya jelaskan artikel saya tentang tips bagaimana memilih mebel untuk apartemen bisa menjadi patokan untuk kalian saat ingin membeli mebel atau memilih furniture guna untuk melengkapi isi apartemen dan kalian, dan belilah furniture kayu dari penjual mebel terpercaya....semoga berhasil..

0 Response to "Tips Bagaimana Memilih Mebel Untuk Apartemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel