Kualitas Mebel Jepara Sudah Di Akui Dunia

Tahukah kalian kalau kualitas mebel jepara sudah di akui dunia lhoo.... Benar sekali, jepara adalah kabupaten kecil disebelah pantai utara, berpatasan langsung dengan kabupaten kudus, demak dan pati. Di jepara selain dikenal sebagi tempat kelahiran ra kartini, juga dikenal dengan wisata baharinya yaitu karimunjawa yang sudah mulai mendunia. Tapi yang lebih hebat lagi mebel yang di produksi di jepara sudah di suplay ke seluruh indonesai dan di export keberbagai penjuru dunia.
Memang kita sudah ketahui bahwa jepara adalah pemesok mebel atau furniture kayu terbesar di indonesia, kalian bisa cek sendiri di google, bahwa mayoritas penjual furniture kayu online berasal dari jepara seperti saya ini. Tidak hanya itu saja, jika kalian ke showroom mebel di kota kalian pasti mayoritas produk yang dijual adalah produksi jepara, terutama yang memiliki ukiran. Oleh karena itu jepara memperoleh banyak nama julukan seperti jepara kota ukir, dan jepara kota meubel oleh daerah lain di indonesia.
Jepara kota ukir adalah julukan yang sudah kita dapat sejak lama, hal tersebut karena jepara memiliki ratusan bahkan ribuan orang yang memiliki keahlian dibidang ukir-mengukir bahkan juga pahat. Seni ukir di jepara sudah diwariskan turun temurun sejak berabad-abad lalu, dapat dibuktikan dengan ditemukannya ukiran berumur ratusan bahkan ribuan tahun lalu yang salah satunya kalian dapat lihat di masjid makam mantingan. Dimasjid tersebut masih dipajang ukiran kuno yang bisa dilihat secara umum dan gratis. Menurut sejarah, keahlian seni ukir didapat dari salah satu laksamana dari cina yang bersandar di jepara untuk berdagang, selain berdagang mereka juga menganjarkan penduduk pribumi tentang seni ukir, entah benar atau tidaknya cerita tersebut saya juga tidak faham. Tapi sayangnya jumlah pengukir di jepara semakin sedikit dan langka digerus zaman. Mereka yang masih muda lebih memilih bekerja di pabrik dari pada harus bekerja sebagi pengukir yang bayaranya sedikit. Perlu diketahui bahwa ada juga selain julukan kota ukir bagi jepara. Yap, betul sekali, jepara kota mebel.
Kualitas Mebel Jepara
Kualitas Mebel Jepara

Jepara kota mebel adalah julukan lain selain kota ukir dan bumi kartini. Jepara memiliki julukan ini karena memiliki ratusan produsen mebel kayu atau furniture, baik sekala kecil seperti rumahan ataupun sekala besar seperti pt dan cv. Jika kalian berjalan di area tahunan  samapai senenan pasti kalian akan melihat deretan ratusan showroom mebel, dan semuanya adalah karya jepara sendiri, ada banyak desain mebel dijepara yang menggunakan bahan kayu keras seperti kayu jati, mahoni, meh(trembesi), sonokeling, mindi dan lain-lain. Dan berikut ini adalah produk meubel kayu atau furniture jepara, meja, kursi, lemari, tempat tidur, ranjang, sketsel, gebyok, depan, buffet, console, baik untuk rumah, apartemen, hotel, restoran, kantor dengan jenis ukuran berbeda seperti anak-anak, remaja , dan dewasa. Yang semuanya dikerjakan oleh tukang kayu yang berpengalaman. Tapi sayangnya sama halnya tukang ukir, tukang kayu sekarang juga mulai langka, mereka lebih banyak yang memilih merantau karena diluar jepara tukang kayu dihargai mahal, berbeda jauh dengan jepara yang menghargai tukang antara 60.000-75.000 saja.
Dengan julukan jepara kota ukir dan kota mebel membuat jepara terkenal di indonesia. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa jepara adalah podusen sekaligus pemasok terbesar furniture di indonesia, bahkan saya berani mengatakan kalau 60% mebel indonesia berasal dari jepara. Kualitas mebel kayu jepara baik jati ataupun mahoni memiliki kualitas yang sangat baik, bahkan ada  banyak mebel kayu jati yang diproduksi  di kota ini yang memiliki umur sampai ratusan tahun.
Kualitas mebel jepara selain di akui di indonesi juga sudah di akui dunia lhoo... Saya berani mengatakan tersebut tidak asal-asalan saja, berikut ini beberapa alasan kenapa kualitas mebel jepara sudah di akui dunia.

1.  Cari Saja Di Rekor Muri Indonesia Tentang Perusahaan Dengan Jumlah Negara Terbanyak.

Yap betul sekali, yang bisa meng export dengan jumlah negara terbanyak bukanlah produk makanan atau produk lainnya, namun melainkan  produk furniture di jepara.  Yang  mendapatkannya adalah salah satu perusahaan furnitur di jepara. Pt tersebut berhasil meng export mebel kayu hingga kepenjuru dunia dengan jumlah 91 negara. Saya lupa namanya tapi cek saja di google sendiri

2. Jumlah Export Furniture Keluar Negeri Yang Stabil.

Salah satu indikator kualitas mebel jepara sudah di akui dunia adalah jumlah export furniture yang stabil, hal tersebut sudah dengan jelas bahwa mereka mengakui produk mebel jepara. Bayangkan saja jika mereka tidak suka dengan produk furniture jepara, pasti mereka tidak pesan lagi produk jepara, namun kenyataannya export mebel keluar negeri selalu stabil dan cenderung meningkat.

3. Banyak Perusahaan Mebel Asing Di Jepara.

Perlu diketahui kalau banyak sekali orang asing yang tinggal dan mendirikan mebel dijepara. Baik yang berupa pt maupun cv. Di jepara para orang asing tersebut membuat gudang-gudang yang besar dan memproduksi mebel furniture dengan sekala banyak untuk di export kenegara asalnya. Mereka memperkerjakan orang pribumi untuk membuat meubel, jepara dipilih karena memiliki sumberdaya utama yang melimpah, dan tenaga kerja perkayuan (tukang) yang banyak dan berpengalaman.
Ada 3 Tipe Perusahaan Furniture Asing Di Jepara
- Perusahaan Yang Memproduksi Furniture Sendiri
- Perusahaan Yang Mengambil Produk Dari Pengrajin
- Perusahaan Yang Melakukan Keduannya

Sekian tentang kualitas mebel export jepara yang sudah di akui dunia. Ada banyak sekali bukti jika produk furniture jepara di akui dunia, namun saya hanya dapat menjelaskan 3 itu saja. Oh iya, artikel ini berdasarkan pendapat saya pribadi dengan melihat berbagai sumber dari internet dan keadaan sekitar jepara saat ini

0 Response to "Kualitas Mebel Jepara Sudah Di Akui Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel