Jenis-Jenis, Bahan, Ukuran Dan Desain Kursi Di Indonesia

Kursi adalah salah satu furniture penting dalam sebuah rumah, baik kantor, apartemen, hotel dan rumah, kursi dapat diletakan ruangan apa saja dan melayani berbagai keperluan, kursi ada dalam berbagai bentuk, ukuran dan berbagai desain. Seperti semua perabotan pada umumnya yang memiliki kegunaan, kursi biasanya digunakan untuk duduk, baik formal ataupun informal dan dapat pula meningkatkan estetika  ruangan yang dapat meningkatkan desain interior sebuah ruangan.
Kursi umumnya dibuat dari kayu, besi ataupun plastik, namun yang sering kita jumpai adalah yang terbuat dari kayu, terutama kayu jati dan mahoni. Pemilihan kayu ini saya rasa sangat cocok karena kuat dan tahan lama, berbeda sekali dengan kayu lainya.

Kursi

harga kursi cantik
kursi cantik

Umumnya harga kursi dijual dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung desain, ukuran, dan kerumitan produk. Ada banyak sekali desain kursi yang ada. Dan memiliki desain kursi yang berbeda-beda. Dan jenis-jenis kursi pun ada bermacam-macam, yaitu kursi makan, belajar, goyang, dan lain-lain. Untuk itu saya akan sedikit uraikan tentang jenis-jenis, bahan, ukuran dan desain kursi di Indonesia berdasarkan pengalaman pribadi.

Macam-Macam Jenis Kursi



Kursi Makan

Ada beberapa jenis kursi, masing-masing ditujukan melayani area tertentu dari rumah, kursi makan adalah ditempatkan di tempat makan, biasanya berjumlah 2 sampai 8 atau lebih tergantung jumlah penghuni rumah tersebut. Kursi makan biasanya santai dan informal informal. Gaya kasual biasanya ditemukan di sudut dan area makan dapur.  Kursi makan biasanya dijual satu set dengan mejanya. Ada banyak desain kursi makan, baik yang minimalis ataupun berukiran rumit, dan hal tersebut tergantung selera dan desain rumah kalian.
Harga kursi makan sangat berfariasi, dari jutaan rupiah hingga puluhan  juta untuk satu set. Sedikit saran dari saya, belilah kursi makan yang sesuai dengan gaya rumah kalian, baca ini saja:Tips Memilih Meja Makan Kayu

Kursi Tamu

Kursi tamu terletak di ruang tamu dan biasanya satu paket dengan meja dan bangku tamu, ada ratusan desain kursi tamu yang dijual di indonesia, dan biasanya dijual satu set dengan meja dan bangku tamu sehingga serasi. Karena fungsinya yang sangat krusial maka membeli kursi tamu dengan desain yang sesuai dengan ruangan dan nenilih yang memiliki kualitas terbaik merupakan sebuah keharusan.  Harga kursi tamu untuk satu set antara 3 jutaan hingga puluhan juta, tergantung jenis bahan serta kerumitan dalam pembuatannya.

Kursi Belajar

Kursi belajar digunakan untuk menunjang seseorang untuk belajar seseorang, baik bagi anak-anak, remaja ataupun dewasa sekalipun. Desain dan ukuranya pun biasanya disesuaikan dengan orang yang menggunakanya dan biasa dijual satu set dengan meja belajar. Kursi belajar ini sangat mudah ditemui, baik secara online maupun offline, dan dijual di toko furniture dengan harga kompetitif, sedangkan harganya pun cukup lumayan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Rata-rata menggunakan bahan kayu, namun adapula yang menggunakan bahan besi dan dipadukan dengan busa seperti produk-produk dari perusahaan besar.

Kursi Rapat/Kantor

Kursi kantor biasanya memiliki desain yang formal karena untuk acara rapat tertentu, dengan menggunakan bahan besi dan dipadukan dengan busa, kursi kantor memiliki harga yang sedikit mahal, namun tergantung desainya juga.  Desain kursi kantor dipasaran cukup berfariatif, ada yang dapat di naik turunkan tingginya,dan dapat berputar-putar namun adapula yang seperti kursi pada umumnya.

Kursi Rias

Kursi rias merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita, terutama untuk perempuan. Selain fungsi utamanya sebagai untuk duduk saat merias, kursi ini juga dapat mempercantik kamar kalian. Desainnya sendiri satu paket dengan meja rias (tolet), dan kursi bisa diletakan di bawah meja tersebut sehingga tidak membuat memenuhi kamar.  Harganya satu set kursi rias (tolet) cukup murah lhoo.. Dari 1,5 jutaan sampai puluhan juta juga ada.

Kursi Malas/Goyang

Kursi malas/goyang umumnya memiliki rengangan kaki yang panjang dan sandaran yang sedikit kebelakang sehingga kita bisa besandar dengan santai, selain itu juga memiliki kaki-kaki yang bebentuk melingkar sehingga dapat digoyangkan-goyangkan. Kursi ini sangat cocok buat kita malas-malasan dirumah sehingga banyak orang yang menamainya kursi malas. Umumnya kursi goyang dibuat dari bahan kayu keras seperti jati. Betul sekali, mayoritas kursi goyang yang di produksi di indonesia terutama jepara adalah kayu jati. Kayu ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan: Baca juga

Kursi Teras

Kursi ini biasanya diletakan di teras rumah, dan umumnya satu paket dengan meja teras, yaitu 2kursi dan 1 meja. Ukuran kursi teras biasanya lebih kecil dari kursi biasanya, dan sangat cocok buat ngopi dan ngeteh di pagi hari. Harga kursi teras sangat murah mulai dari 500 ribuan lhoo, udah dapet 2 kursi dan 1 meja yang sangat cantik

Bahan Utama Membuat Kursi

Bahan baku utama membuat kursi di indonesia ada banyak, dan umumnya yang digunakan adalah benda yang bersifat keras, seperti: kayu, besi, dan plastik dan lain-lain. Bahan tersebut dipilih karena memiliki kelebihan masing-masing dibanding dengan benda lainnya, simak baik-baik benda-benda tersebut.

Kursi Kayu

Kayu yang digunakan umumnya adalah pohon kayu jati, mindi, pinus, sono, mahoni, nangka dan lain-lain. Yang merupan kayu solid atau kombinasi lapisan mdf, finnier dan tripleks. Furnitur kayu solid umumnya lebih mahal dan tahan lebih lama. Sedangkan veneer, lembaran kayu tipis tipis dilekatkan pada inti komposit atau kayu solid yang lebih murah. Bila dilakukan dengan benar, kursi veneer terlihat sama bagusnya dengan yang asli. Dan finishing yang digunakan biasanya cat, lacquers berkilau tinggi, melamine,dan pernis
Perlu diketahui bahwa 80 %  (berdasarkan asumsi pribadi) kursi di indonesia menggunakan bahan kayu. Kursi kayu yang beredar di pasaran mayoritas dari jepara. Betul sekali karena jepara adalah kota yang memiliki ribuan produsen mebel rumahan yang memiliki kualitas tinggi, jadi jagan hera kalau kursi yang sedang kalian duduki saat ini adalah produk jepara.
Berikut ini daftar kayu yang sering digunakan untuk bahan kursi meubel:

  • Kayu Jati
  • Kayu Mahoni
  • Kayu Sonokeling
  • Kayu Meh / Trembesi
  • Kayu Mindi
  • Kayu Pinus

Kursi Logam


Bahan dasar utama lainnya adalah logam. Kursi retro asli yang baru dibuat sering menampilkan besi tempa, kuningan atau perunggu. Potongan kontemporer memanfaatkan logam yang lebih ringan seperti nikel disikat, baja tubular atau chrome dan aluminium. Kecuali kursi di luar ruangan, dengan basis logam. Dan biasanya dikombinasikan menggunakan kayu. Kursi yang menggunakan kombinasi besi dahulu digunakan untuk luar ruangan seperti kursi taman ataupun untuk diletakan di pinggir jalan. Namun seiring dengan waktu kini banyak desain kursi yang sangat pass walaupun diletakan di dalam rumah sekalipun.

Ukuran Kursi

Setiap jenis kursi memiliki berbagai ukuran yang kompatibel dengan siapa yang memakainya dan apa tujuannya. Kursi makan umumnya ukuranya sama antara satu dengan lainnya dan memiliki ruang kaki yang cukup bagi orang yang duduk. Kursi teras jmemiliki ukuran jauh lebih kecil, dan kursi belajar disesuaikan dengan pemakainya, jika anak-anak ukurannya akan sedikit kecil dan sebaliknya, jika dewasa ukurannya sedikit lebih besar.  Tidak ada patokan ukuran standart internasional karena tinggi badan sesorang di setiap negara berbeda-beda. Jadi ukuran kursi di indonesia sedikit lebih kecil dengan kursi di amerika.

Gaya Dan Desain Kursi

Selain fungsinya yang sangat dibutuhkan, kursi menambah nilai estetika ruangan. Untuk itu, gaya desain kursi harus sesuai dengan bagian ruangan tersebut. Namun jangan khawatir karena kini semakin banyak sekali desain kursi. Baik gaya, modern, klasik, tradisional, vintage, retro dan antique. Dan semuanya dapat kalian beli kursi tersebut yang sesuai dengan desain rumah dan ruangan kalian itu.
Bentuk kursi ada banyak sekali seperti bulat, oval, persegi, segi empat, segitiga dan tidak beraturan. Namun umumnya kursi berbentuk persegi dengan sandaran dibelakangnya. Walaupun sekarang banyak juga yang tanpa sandaran.  Bentuk yang tepat untuk kursi yang diberikan adalah masalah selera dan koordinasi pribadi dalam tema desain.

Sekian tentang jenis-jenis, bahan, ukuran dan desain kursi di Indonesia, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis kursi ataupun bahan utamanya. Di tempat saya tinggal yaitu kota jepara, banyak sekali pengrajin kursi kayu maupun logam, yang memiliki ratusan desain yang berbeda-beda. Jadi kursi yang kalian beli tergantung kalian memposisikannya saja.

baca juga: JENIS-JENIS, BAHAN, UKURAN DAN DESAIN MEJA DI INDONESIA