Pemanfaatan Kayu Jati Dalam Kehidupan Sehari-Hari



Kayu jati adalah tipe kayu keras yang memiliki kualitas terbaik dibandingkan kayu lainya. Dengan berbagai kelebihanya kayu jati menjadi pilihan para penggusaha mebel kayu. Kayu jati selain  berkualiatas tinggi juga sangat fungsional. Betul sekali, dengan  kayu ini kita bisa membuat apapun sesuai keinginan. Jadi jangan heran kalau hampir semua mebel furniture dirumah kalian terbuat dari jati, walaupun ada beberapa juga yang mungkin terbuat dari mahoni.
Untuk itu saya kali ini akan membahas tentang pemanfaatan kayu jati dalam kehidupan sehari-hari, yang munkin tanpa kita sadari kita sudah menggunakan dan memanfaatkanya selama bertahun-tahun lamanya. Jadi simak berikut ini:

Manfaat Kayu Jati Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Furniture

manfaat Kayu Jati
pemanfaatan kayu jati buat furniture

 

Furniture adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan kita, walaupun bukan kebutuhan primer namun sangat menunjang bagaimana keseharian manusia. Fungsinya yang sangat firal membuat hampir semua tempat seperti rumah, apartemen, hotel, kantor, restoran dan tempat lainnya membutuhkannya. Sehingga saya rasa ini sangat penting
Furniture yang dijual di iindonesia biasanya terbuat dari bahan kayu, besi, dan plastik, atau kombinasi dari ketiga bahan tersebut. Akan tetapi hampir 90% (angka tersebut menurut saya sendiri) furniture di indonesia menggunakan material kayu. Kauyu dipilih karena dianggap lebih awet, lebih cantik dan lebih alami dari pada menggunakan plastik ataupun besi. Dan kayu yang dipilih umumnya jenis kayu keras seperti jati, mahoni, sonokeling, mindi, sungkai, meh (trembesi) dan lain-lain. Dan jenis kayu yang paling sering di gunakan adalah kayu jati. Dengan berbagai kekurangan dan kelebihan kayu jati tersebut.
Kenapa harus kayu jati? Kayu ini sangat kuat, awet dan tahan lama. Jad saya rasa keputusan tepat jika dibuat untuk industri meubel furniture kayu.
Berikut ini adalah daftar furniture kayu jati: kursi, meja, set tamu, sofa, ranjang, tempat tidur, lemari pakaian, daybed, bangkau, tolet, rak buku dan lain-lain.

Kusen, Pintu Dan Jendela

Hampir setiap tempat tinggal memiliki 3 hal ini, baik kusen, pintu dan jendela. Pintu dan kusen adalah aspek penting dalam sebuah hunian. Karena mereka merupakan gerbang masuk kita ke dalam rumah.
Kusen, pintu dan jendela pada umumnya menggunakan kayu keras, seperti: jati, mahoni, waru dan lain-lain. Tapi yang paling baik untuk kusen adalah kayu jati, jenis kayu ini sangat cocok karena sangat kuat, selain iyu juga tidak mudah polah (ngulet) ataupun menyusut walaupun cuaca berubah-ubah.  Maka dari itu membangun rumah dan menggunakan kayu jati sebagai kusen, pintu dan jendela adalah pilihan terbaik.

Patung Atau Realif

Patung atau realiif merupakan seni pahat yang umumnya dibuat dari kayu ataupun batuan. Namun di tempat saya tinggal yaitu kota jepara, patung atau realif dibuat mayoritas dari bahan kayu saja. Kota jepara merupakan sebuat kota di pesisir pantai utara, kota tersebut sudah terkenal sebagai kota ukir, pusat meubel indonesia, dan produsen patung atau realif kelas dunia.
Di jepara patung dan relif dibuat dari kayu meh, dan jati. Tapi kebanyakan terbuat dari meh, karena kayu ini mudah dibentuk dan memiliki serat yang halus, namun ada juga yang membuatnya menggunakan material kayu jati. Dan apabila menggunakan material ini maka harganya pun jauh lebih mahal.

Lantai Kayu

Kantai kayu yang ada dipasaran umumnya dari kayu jati. Karena lantai kayu selalu di injak-injak setiap hari dan cepat kotor, maka kayu tersebut haruslah memiliki kekuatan dan daya tahan lebih, serta tahan air karena harus bisa di cuci. Kayu jati juga memiliki corak yang cantik jadi sangat pass jika buat lantai. Tidak sembarang orang menggunakan kayu sebagai lantai, karena harganya mahal jadi hanya orang berduit yang menggunakannya.

Usuk Dan Reng

Usuk dan reng adalah bagian dari sebuah atap bangunan yang menahan genteng agar tetap pada tempatnya. Fungsinya sangat penting dalam membuat bangunan kokoh. Umumnya dibuat dari kayu seperti: jati, waru, sengon dll. Dahulu yang digunakan adalah kayu jati, namun karena harganya semakin mahal membuat beralih ke kayu waru. Tapi sekarang sudah bergeser ke baja ringan sebagai penganti, karena di anggap lebih awet dan tahan lama.
Sebenarnya masih banyak produk lain yang memanfaatkan kayu jati tapi saya tidak dapat menjelaskan satu persatu sangking banyaknya. Mungkin banyak benda-benda disekitar kalian yang dari kayu tersebut yang tidak kalian sadari. Oh, iya.. Kayu ini memiliki banyak sekali kelebihan dan kekurangan, dan akan saya sedikit uraikan dibawah ini:

Kekurangan Dan Kelebihan Kayu Jati

Kekurangan Jati
Kelebihan Jati
Harga Lebih Mahal
Kuat
Memiliki Gudal Besar
Tahan Kondisi Cuaca Apapun
Tidak Cocok Difinishing Duco
Memiliki Serat Yang Cantik

Tahan Lama

Tidak Mudah Ngulet

Tahan Hama

Tidak Mudah Berjamur

Berikut tadi adalah artikel tentang pemanfaatan kayu jati dalam kehidupan sehari-hari, mungkin tanpa disadari kalau banyak barang disekitar kita dari jati, dengan kelebihan dan kelemahan kayu jati tersebut. Dari ke 5 tadi yang paling banyak adalah furniture, berbeda sekali dengan negara-negara eropa dan amerika yang lebih suka kayu mahoni, di indonesia jati yang lebih populer dan disukai.

0 Response to "Pemanfaatan Kayu Jati Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel