Mengatasi Rayap Di Kayu Mahoni

Halo kawan, kali ini saya akan sedikit memberi tips bagaimana cara mengatasi rayap di kayu mahoni dengan mudah, namun sebelum itu simak dahulu apa itu kayu mahoni dan rayap.

Kayu mahoni memiliki banyak sekali kelebihan, diantaranya adalah sangat kokoh, kuat, dengan harga yang jauh lebih murah dari pada jati. Namun dibalik kelebihanya mahoni juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Dan salah satu kelemahan yang sangat mencolok adalah sering munculnya hama rayap di kayu mahoni.

Rayap adalah hewan kecil berukuran sekitar 0,5 cm, berwarna putih, dan hidup berkoloni atau berkelompok dan dianggap hama. Hewan ini biasa tinggal di dalam kayu, selain tinggal didalamnya rayap juga memakan kayu habis tersebut.

Tidak semua kayu dimakan rayap, namun ada beberapa jenis kayu yang sangat rawan akan rayap, salah satunya kayu mahoni. Betul sekali, kayu mahoni rayap memang tidak bisa dipisahkan. Karena hampir semua produk mahoni seperti kusen, pintu, jendela dan furniture mahoni seperti, kursi meja, lemari, tempat tidur, ranjang dan rak buku dihuni rayap.

Cara mencegah rayap pada mahoni sebenarnya cukup mudah, cukup dengan memberi obat serangga pada bagian kayu tersebut, namun karena banyak menyepelekannya sehingga tidak memberi obat dahulu pada kayu mereka dan langsung produksi kemudian finishing. Sedikit share, hal ini saya pernah jumpai di beberapa meubel jepara. Ada produsen meubel mahoni yang setelah produk mereka selesai langsung di fhinishing tanpa di kasih obat anti rayap dahulu, padahal hal itu sangatlah wajib untuk produk-produk mahoni. Jika tidak, siap-siaplah akan diserang hama rayap.

Sebelum saya uraikan cara mengatasi rayap di kayu mahoni, saya akan sedikit membahas ciri-ciri atau tanda-tanda kayu mahoni dihuni rayap.

  1. keluar serbuk kayu: tempat yang di hinggapi oleh rayap umumnya akan keluar serbuk kayu berupa butiran-butiran kecil sisa hasil proses makan rayap, dan hal tersebut akan membuat lubang-lubang kecil dari kayu. Dan dapat dipastikan pasti ada bagian kayu yang dimakan rayap
  2. kayu yang berongga (keropos): kayu yang berongga umumnya didalamnya berisi rayap karena sudah keropos, sedangkan untuk mengeceknya cukup mudah dengan ketuk-ketuk bagian kayu tersebut, kayu yang berongga biasanya mengeluarkan bunyi yang lebih keras dan berbeda dari lainya dan hal tersebut terjadi hampir seluruh rumah terutama perabot furniture kayu ataupun kusen.
  3. munculnya rayap: yang paling jelas adanya rayap pada kayu mahoni kita yaitu keluarnya rayap itu sendiri, dan walaupun ukuranya lumayan kecil namun kita masih dengan mudah membedakan mana semut, dan mana yang hama rayap. Sehingga kita bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.
Mengatasi Rayap Di Kayu Mahoni
furniture kayu mahoni setelah di obat


Cara Mengatasi Rayap Di Kayu Mahoni


Siapkanlah bahan-bahan berikut ini, sebelum langkah selanjutnya:

  • Ember Air
  • Kaos Tangan Pastik Atau Karet
  • Kuas Cat
  • Penutup Hidung
  • Obat Kayu Lantrex
  •  


  1. Pertama, pastikan dahulu kalian memakai sapu tangan karet dan penutup hidung, sebab biasanya obat kayu mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan susah di hilangkan jika terkena tangan
  2. Kedua, campurkan lantrek dengan air bersih, dengan perbandingan antara 10 tutup lantrek dengan 1 liter air, semakin tinggi takaran obat maka hasilnya semakin maksimal.
  3. Ketiga, olesilah bagian kayu dengan kuas hingga merata menggunakan kuas yang biasanya kita buat mengecat tembok, harus merata lhoooo, jangan yang dihunu rayap saja.
  4. Keempat, keringkan kayu mahoni tersebut dengan mengangin-anginkan atau jemur dibawah sinar matahari langsung agar cepat kering.


Jika langkah tersebut sudah dilakukan saya jamin akan mencegah rayap untuk memakan kayu mahoni kalian, dan apabila mahoni itu sudah berayap maka semua rayap dapat dipastikan akan mati, obat kayu atau lantrex dapat kita jumpai di toko bangunan, yang umumnya dijual dengan harga dibawah 40 ribuan untuk ukuran botol kecil.



Sekian tentang cara mengatasi rayap di kayu mahoni dengan mudah, sebenarnya ada banyak cara alami, salah satunya dengan air tajin atau sisa perasan beras, namun hal tersebut tidak efektif membasmi kayu mahoni rayap.