Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

Sebelum saya membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni, ada baiknya kalian mengetahui apa itu kayu mahoni. Kayu mahoni ialah salah satu anggota bagian meliaceae yang mencakup 50 general dan 500an spesies tanaman kayu keras. Kayu mahoni termasuk pohon yang memiliki ukuran besar dengan tingginya pohon bisa mencapai 35 sampai 40 meter dan diameter mencapai 1,5 meter. Batang pohonya lurus berbentuk silindrisr. Kulit luarnya cenderung berwarna warna mearah tua, atau sedukit coklat kehitaman, selain itu kayu beralur dangkal seperti sisik, berdesa dengan mahoni yang masih muda, yang memiliki kulit batang berwarna abu-abu dan halus, dan akan menjadi kemerahan coklat tua, beralur dan mengelupas setelah menjadi benar-benar tua.

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni
contoh furniture duco dari kayu mahoni


Mahoni baru dapat berbunga setelah memiliki umur minimal 7 tahun. Biasanya bunganya silindris, berwarna kuning kecoklatan dibagian luar, sedangkan bagian dalam berupa biji putih dan pipih, dan rasa bijinya sangat pahit. Kayu mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hindia barat. Sifat mahoni yang dapat hidup ditempat gersang menjadikan pohon ini sebagai tanaman pelindung yang ditanam di pinggir jalan. Untuk penduduk indonesia terutama jawa, kayu ini bukanlah tanaman yang asing lagi. Sebab sudah sejak zaman penjajahan kolonial belanda, pohon mahoni sudah banyak sekali ditanam dipinggir jalan sebagai pelindung atau peneduh khususnya jalan yang dibangun  daendels antara anyer hingga panarukan.



Mahoni memiliki buah yang mengandung flavonoid dan saponin. Menurut salah beberapa orang mengatakan bahwa buah mahoni dapat melancarkan aliran darah, sehingga para penderita penyakit yang memiliki aliran darah tersumbat sangat dianjurkan mengkonsumsi buah mahoni. Buah mahoni bisa juga menjadi obat yang mengurangi kolesterol, berikut ini adalah manfaat buah mahoni:
  • Melancarkan aliran darah
  • Mengatasi penimbunan lemak pada darah,
  • Dapat mengurangi rasa sakit, pendaraan dan lebam, serta
  • Bertindak sebagai anti oksidan untuk menyingkirkan radikal bebas.
  • Mencegah penyakit sampar
  • Mengurangi lemak dibadan
  • Membantu sitem kekebalan tubuh
  • Memperlambat pembekuan darah.
  • Terlepas benar tidaknya saya kurang mengerti, jd saya sarankan konsultasi dahulu dengan ahli medis
Selain itu kayu mahoni dapat mengurangi polusi udara hingga hampir 70%, jadi pantaslah jika disebut sebagai pohon pelindung, dan berguna mengfilter udara kotor selain itu sebagai daerah resapan air. Daun-daunya berfungsi menyerap polusi udara disekitarnya tanaman tersebut, sebaliknya dedaunan itu mengeluarkan oksige yang membuat udara disekitarnya menjadi lebih segar dan bersih. Ketika hujan turun, maka tanah dan akar-akar pepohonan akan menyerap air yang jatuh, dan menjadi cadangan air untuk tanaman manoni tersebut.



Sejak beberapa tahun terkhir ini, pohon mahoni mulai populer dan dibudidayakan, sebab kayunya memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Karena kualitas kayunya yang baik dan keras sehingga sangat cocok buat produksi mebel, furniture, ukiran dan produk kerajinan tangan lainya. Kualitas kayu mahoni sedikit dibawah kualitas kayu jati,dan walaupun begitu banyak sekali peminat kayu mahoni,dan bahkan bisa bibandingkan antara kayu jati vs mahoni.



Kayu mahoni banyak sekali dibuat untuk furniture atau mebel di jepara, dan sudah lama digunakan sebagai bahan baku utama membuat produk meubel selain kayu jati tentunya. Kayu mahoni ini biasanya dibuat untuk furniture dengan warna duco, karena kayu jenis ini memiliki pori-pori yang sedikit sehingga cocok jika buat produk duco . Produk-prouk yang di ekspor ke eropa dan amerika sebagian besar terbuat dari mahoni. Karena disana kayu mahoni termasuk salah satu kayu yang mahal, mewah dan primadona. Kenapa lebih memilih mahoni ketimbang jati?, mungkin karena bangsa eropa dan amerika mengenal kayu mahoni sebagai kayu kuat dan kayu tangguh. Kayu mahoni di eropa dan amerika umumnya dipakai untuk furniture indoor dan untuk bahan pembuatan kapal.



Semua kayu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik harga, warna, teksture serat, tingkat kekerasan dan pori-pori yang berbeda, jadi memilih yang terrbaik adalah keputusan yang tepat. Simak tentang kayu mahoni berikut ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni


1. Kelebihan Kayu Mahoni

Kuat Dan Tahan Lama


Kualitas mahoni hampir seimbang dengan jati. Sama halnya dengan jati, mahoni memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik, selin itu juga memiliki masa pakai yang cukup lama. Jadi jangan ragu untuk membeli perabotan yang terbuat dari mahoni, sedikin saran memilih furniture mahoni boleh saja kalau untuk indoor, tapi kalau outdoor jati saja.

Harga Lebih Murah Dari Pada Jati.


Tentu kita ketahui kayu jati memang memiliki kualiatas yang baik, namun harga kayu jati semakin mahal setiap harinya. Dan hal tersebut menjadikan mehoni jadi kayu pilihan selain jati,  mahoni memiliki harga yang jauh lebih murah, namun memiliki kualitas yang hampir seimbang dengan jati, jadi mahoni bisa menjadi arternatif jika kalian ingin yang lebih murah.

Tidak Mudah Susut Atau Ngulet


Kayu mahoni yang sangat stabil, karena mahoni tidak mudah mengalami penyusutan dan perubahan bentuk (ngulet), dan hal tersebut yang membuat kayu mahoni banyak digunakan dalam industri biola, gitar, piano dan alat musik lainnya. Bahkan ada beberapa produk dari mahoni harganya ratusan juta. sedangkan di indonesia umumnya buat furniture seperti, lemari, kursi, meja, tempat tidur, buffet, dan masih banyak lagi.


Memiliki serat Yang halus.


Serat kayu yang dimiliki jenis kayu ini sangat halus dan memiliki beragam corak, hal tersebut yang membuatnya bagus jika difinishing dengan warna natural ataupun warna klasik klasik.

Pori-Pori kecil


Pori-pori yang dimiliki kayu mahoni sangat kecil sehingga cocok jika difinishing dengan model cat duco, berbeda sekali dengan kayu jati yang memiliki pori yang lebih besar sehingga susah jika di buat model duco. Tanpa resiko meninggalkan noda kekuningan seperti pada kayu jati. Tentu saja kekeringan syarat utamanya.

2. Kekurangan Kayu Mahoni

Kayu Mahoni Mudah Diserang Hama.


Kayu mahoni memang cukup rawan untuk di serang hama, perlu diperlakukan khusus saat proses oven dan dalam penyimpanan bahan bakunya. Karena saat masih menjadi bahan baku sering sekali saya mendapati hama pada kayu dan membuatnya berlubang-lubang sehingga tidak layak dipakai. Bahkan terkadang saat produk sudah jadi juga di hinggapi hama. Solusinya adalah memberi obat kayu agar hama mati dan tidak datang lagi


Mudah Berjamur


Saya kurang faham tentang penyebab kayu mahoni mudah berjamur. Tapi saya memang sering menjumpainya di tempat saya bekerja, banyak sekali stok di gudang yang sudah berjamur. Berbeda sekali dengan jati yang jarang sekali berjamur.

Tidak Cocok Buat Outdoor


Di jepara tempat saya tinggal jarang sekali yang menggunakan mahoni untuk membuat produk outdoor. Hal tersebut saya rasa tepat, karena menurut saya masa pakai kayu mahoni berkurang jika di letakan diluar, selain itu akan mudah diserang hama. Maka akan lebih baik digunakan untuk produk-produk indoor saja



Sekian tentang kelebihan dan kekurangan kayu mahoni, jika saya ditanya apakah kayu mahoni bagus dan berkualitas?? Maka jawaban saya adalah iya, kita ketahui bahwa sekarang kayu mahoni adalah kayu sudah berkelas di dunia, bahkan untuk kalangan eropa sendiri sudah menjadi yang paling diminati dari pada jati. Namun jika untuk membuat meubel outdoor saya sarankan jati saja. Sekian dari saya semoga sedikit artikel ini bermanfaat.