Ciri-Ciri Fisik Kayu Mahoni Berkualitas Tinggi

Halo kawan.... Kali ini saya akan share ciri-ciri fisik kayu mahoni berkualitas tinggi. Sebelum kalian akan membeli kayu mahoni saya anjurkan untuk mengetahui apa itu kayu mahoni? Apa kekurangan dan kelebihanya? Dan bagaimana cara memilih kayu mahoni berkualitas?. Untuk itu kali ini saya akan sedikit membahas tentang hal tersebut.
Kayu mahoni merupakan bagian salah satu anggota bagian meliaceae yang mencakup dari 50 genera dan 550 jenis tanaman kayu keras. Jenis kayu ini tergolong tanaman yang bisa hidup ratusan tahun dan yang memiliki ukuran cukup besar dengan tinggi pohonnya yang sanggup mencapai 35 meter dengan diameter hingga 1,5 meter. Sedangkan untuk batang pohonya cenderung lurus dan silindris. Dan bagian kulit luarnya cenderung berwarna warna merah tua, atau sedukit coklat kehitaman dan seperti bersisik, sangat berbesa sekali dengan mahoni yang masih muda yang memiliki kulit luar berwarna abu-abu dan halus, dan akan menjadi kemerahan coklat tua, beralur dan mengelupas setelah menjadi tua. Mahoni dapat berbunga setelah umur 7 tahunan. Biasanya bunganya berwarna kuning kecoklatan dibagian luar, dan bagian dalam berupa biji putih dan pipih, rasa bijinya sangat pahit. Pohonnya sedndiri banyak di tanam di sekitar pinggir jalan guna menjadi tanaman pelindung. Pohonya dapat menyaring polusi menjadi udara bersih, menyerap air hujan, dan menahan longsor
Kekurangan dan kelebihan kayu mahoni cukup banyak sekali, maka dari itu saya akan sedikit bagikan cara menilainya sebelum masuk bagian ciri kayu mahoni yang berkualitas.
Kekurangan Kayu Mahoni

  • Mudah Diserang Hama Rayap
  • Mudah Berjamur
  • Tidak Tahan Perubahan Cuaca
  • Tidak Cocok Buat Outdoor
  • Mudah Berbubuk
Kelebihan Kayu Mahoni

  • Harga Lebih Murah
  • Memiliki Serat Yang Halus Dan Pori Yang Kecil
  • Mahoni Memiliki Textur Yang Cantik
  • Kuat dan Tidak mudah Ngulet
Sebenarnya masih ada banyak lagi, namun jika saya tulis akan semakin panjang artikel ini. Jadi baca saja sendiri di artikel lain saya yaitu: kelebihan dan kekurangan kayu mahoni
Ciri-Ciri Fisik Kayu Mahoni Berkualitas Tinggi
contoh furniture kayu mahoni berkualitas

Jadi setelah kalian sudah sedikit paham tentang kayu mahoni maka selanjutnya saya akan menerangkan ciri kayu mahoni berkualitas tinggi berdasarkan pengalaman saya sendiri saat kerja di meubel kayu, sebenarnya sangat mudah buat menilainya, cukup dengan mata terbuka dengan melihat fisik secara langsung. Bagaimana caranya? Simak baik-baik tulisan saya dibawah ini:

Ciri-Ciri Fisik Kayu Mahoni Berkualitas Tinggi

Umur Kayu Mahoni Sudah Tua

Umumnya kayu yang bekualitas umurnya sudah matang dan siap di tebang adalah lebih dari 20 tahun, namun sekarang banyak sekali saya jumpai kayu dibawah umur tersebut di tebang dan di jual dengan bebas, untuk itu kalian harus benar-benar teliti saat membeli kayu untuk furniture ataupun produk kayu lainya, dan ciri-ciri kayu yang sudah tua adalah berikut ini:
-Memiliki Warna Yang Lebih Gelap
-Diameter Kayu Besar
-Harga Di Atas Rata-Rata
Jika tidak memiliki ciri di atas maka dapat dipastikan kayu tersebut belum tua  dan nantinya tidak awet jika digunakan untuk dibuat produk apapun.

Kayu Utuh Dan Tidak Cacat

Kayu yang benar-benar baik untuk dibuat meubel adalah yang tidak cacat, cacat yang saya maksud di sini adalah kayu tidak berjamur, tidak dijangkiti serangga baik rayap ataupun eter-eter ataupun berlubang, walaupun hasilnya setelah proses dempul, amplas dan finishing hasilnya secara fisik hampir sama, namun hal tersebut akan sedikit menguranggi kualitas furniture yang dihasilkan.

Tidak Crocoh (Berlubang Akibat Hama Kayu)

Crocoh biasanya di akibatkan oleh hewan kecil seperti rayap namun berwarna hitam dan memiliki ukuran lebih keci. Akibatnya lama kelamaan membuat kayu menjadi lapuk dan rapuh, biasanya ditandai dengan keluarnya bubuk halus dari kayu dan adanya lubang-lubang kecil. Dan hal ini adalah kelemahan kayu mahoni yang ditakutkan banyak orang. Jika memang sudah di jangkiti maka baca saja ini: cara mengatasi rayap di mahoni

Kayu Benar-Benar Kering

Pada dasarnya ketika kita membeli kayu gelondongan (log) pasti dalam keadaan basah dan dapat dipastikan kadar airnya pasti sangat tinggi, oleh karena itu proses pengeringan kayu kita yang menentukan sendiri. Secara umum  terdapat dua cara proses pengerinag kayu: pertama, dijemur dengan sinar matahari langsung selama 2 minggu atau sampai kering, ataupun dengan cara di oven dengan bara api, kalau menggunakan bara api cukup selam satu minggu hingga benar-benar kering.


Sekian tadi adalah ciri-ciri fisik kayu mahoni berkualitastinggi, mahoni biasanya ditempat saya dibuat untuk furniture berkualitas seperti kursi,ranjang, tempat tidur, lemari dan meja. Untuk hasil yang terbaik maka kita membutuhkan bahan utama yang berkualitas juga. Dan untuk memilihnya susah-susah gampang, walaupun kita sudah membeli yang kualitas terbaik terkadang setelah digergaji dalamnya berlubang-lubang, dan untuk mengatasi hal tersebut semoga artikel saya ini bermanfaat...salam dari tukang jepara.

0 Response to "Ciri-Ciri Fisik Kayu Mahoni Berkualitas Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel