Cara Mengatasi Rayap Pada Kayu

Hampir semua terganggu dengan hewan satu ini yaitu rayap, siapa yang tidak kenal rayap,karena Rayap adalah serangga hama yang dikenal sering memakan dan mengrogoti dari perabot rumah seperti lemari, kusen, pintu, kursi, meja, bahkan reng atap. Kerena Rayap bersarang di dalam kayu dan memakan habis kayu tersebut, sehingga kayu menjadi mudah keropos dan lapuk, yang pastinya sangat menganggu dan merugikan kita baik secara finansial maupun tenaga, jika tidak segera di tangulangi maka akan memakan habis semua perabutotan rumah yang terbuat dari kayu. Terutama kayu mahoni, yang sangat rawan akan hama, walaupun terkadang kayu jati juga mengalaminya.

Cara Mengatasi, membasmi, dan membunuh Rayap Pada Kayu
 

Untuk itu dibutuhkan solusi dengan cara yang tepat untuk membasmi rayap pada Kayu, sehingga rayap benar-benar menghilang dan menjauh hingga tidak datang lagi di kemudian hari. Sebelum membasminya kita harus mengaetahui ciri-ciri adanya rayap di kayu atau perabotan rumah kita, terupama produk meubel.

Keluar Serbuk Kayu

Tempat yang dihuni oleh rayap biasanya akan keluar serbuk kayu berupa butiran-butiran kecil sisa hasil proses makan rayap tersebut, dan dapat dipastikan pasti ada bagian kayu yang keropos dan di huni rayap tersebut.

Kayu Yang Berongga (Keropos)

Kayu yang berongga bisanya didalamnya berisi rayap karena sudah keropos, untuk mengeceknya cukup ketuk-ketuuk bagian kayu tersebut, kayu yang berongga biasanya mengeluarkan bunyi yang lebih keras dan berbeda dari lainya dan hal tersebut terjadi hampir seluruh rumah terutama perabot furniture kayu ataupun kusen.

Munculnya Rayap

Pertanda paling jelas adanya rayap pada kayu kita adalah keluarnya rayap itu sendiri, wealaupun ukuranya lumayan kecil namun kita masih dengan mudah membedakan mana semut, dan mana yang rayap sehingga kita bisa mengatasi dengan cara yang tepat.

Setelah kita mengetahui dimana rarap itu berada maka kita bisa langsung membasminya, ada dua Cara mengatasi rayap pada Kayu, pertama menggunakan cara alami seperti menggunakan cucian beras, namun cara tersebut kurang efisien dan kurang mujarab sehingga tidak saya bahas kali ini, dan cara kedua menggunakan bahan kimiawi (obat kayu) untuk membasmi hama rayap hingga tuntas.

Cara Mencegah, Mengatasi Dan Membasmi Rayap Pada Furniture Kayu Menggunakan Obat Kayu(Latrex)

Siapkan Bahan-Bahan Berikut:

  • Kaos Tangan Pastik Atau Karet
  • Penutup Hidung
  • Kuas Cat
  • Ember Air
  1. Pastikan kalian memakai penutup hidung dan sapu tangan karet, karena biasanya obat kayu mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan susah di hilangkan jika terkena tangan
  2. Campur lantrek dengan air, dengan perbandingan 10 tutup lantrek dengan 1 liter air untuk hasil yang maksimal.
  3. Olesi bagian kayu dengan kuas hingga rata menggunakan kuas yang biasanya kita buat mengecat tembok.
  4. Keringkan dengan mengangin-anginkan atau jemur dibawah sinar matahari langsung untuk hasil yang obtimal dan cepat kering.

Jika cara itu dilakukan saya jamin akan mencegah rayap untuk memakan meubel kayu kalian, dan apabila sudah berayap maka semua rayap dapat dipastikan akan mati, kalian dapat menjumpai obat kayu atau lantrex di toko pertukangan atau toko bangunan yang biasa dijual dengan harga dibawah 40 ribuan untuk ukuran kecil.

Demikianlah sedikit tips Cara mengatasi rayap pada Kayu, dan cara di atas sering saya gunakan di tempat saya kerja setiap harinya, dan terbukti efektif mencegah, membasmi dan membunuh rayap di furniture kayu. Sekian semoga tips yang saya bagikan ini berguna dan bermanfaat bagi kalian.

0 Response to "Cara Mengatasi Rayap Pada Kayu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel