Apa Itu Kayu Mahoni? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya

Untuk beberapa alasan ada beberapa orang yang bertanya-tanya apa itu kayu mahoni?. Mahoni adalah salah satu jenis kayu keras yang tumbuh subur di daerah tropis. Betul sekali, kayu ini memang hanya tumbuh di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis saja, terutama di daerah asia tenggara,dan salah satunya indonesia.  Di negara indonesia sendiri, kayu jenis ini sangat terkenal, terutama untuk di daerah di pulau jawa, di sana, kayu mahoni dikenal sebagai jenis kayu yang memiliki nilai ekonomis tinggi sehingga banyak di tanam dan dibudidayakan diberbagai tempat. Kayu mahoni sendiri banyak diperjual belikan di pasar komoditas domestik. Sedangkan untuk wilayah pulau jawa sendiri, jumlah persedian untuk kayu mahoni cukup melimpah ruah dan tidak perlu dikhawatirkan, baik yang masih menjadi phon hidup, ataupun yang sudah dipotong menjadi log (gelondong), ataupun yang berupa papan kering, semuanya masih mudah dijumpai. Pohon mahoni sendiri dapat tumbuh dengan cepat, dalam kurun waktu 15 tahunan diameter mahoni sudah sangat besarsekali dan bisa langsung di tepang. Berbeda sekali dengan masa pertumbuhan kayu jati ataupun kayu sonokeling yang membutuhkan waktu lebih lama hingga bisa di potong.
 
ciri-ciri kayu mahoni
kayu mahoni dibuat lemari duco
Setiap jenis kayu memiliki karakteristik sendiri-sendiri, begitu juga kayu mahoni yang memiliki ciri-ciri khusus yang hanya ada dalam jenis kayu itu sendiri. Dengan membedakan ciri-ciri tersebut kita dapat membedakannya dengan jenis kayu keras lain. Sebab ada beberapa jenis kayu keras yang memiliki kemiripan antara kayu satu dengan kayu lainya kalau dilihat sekilas, baik dilihat dari warna, texture, dan seratnya. Namun jika kalian benar-benar mengetahu ciri-ciri khusus yang dimiliki setiap jenis kayu, maka kita akan dapat untuk membedakannya. Salah satu contoh adalah kayu jati dan akasia, kemudaian kayu mahoni vs meranti. Betul sekali secara kasat mata kayu akasia memang mirip dengan jati, sedangkan kayu mahoni sangat mirip dengan meranti. Jadi kalian harus benar-benar mengerti ciri dan karakteristik kayu tersebut.

Ciri-Ciri Kayu Mahoni Secara Fisik

Ciri Fisik
Detail
Warna
Umumnya kayu mahoni kebanyakan berwarna merah tua dan cenderung cokelat saat sudah kering. Hal tersebut hanya terdapat pada kayu mahoni yang berumur tua, kemungkinan besar mungkin pohonya tumbuh lebih dari 20 tahunan. Sedangkan untuk gubalnya atau bagian tepi kayu sama seperti pada umumnya yaitu berwarna putih
Tekstur:

kayu mahoni memiliki tekstur yang sangat halus dan berpori-pori kecil, jika dibandingkan kayu jati ataupun kayu lainnya.
Serat
kayu mahoni sangat cantik dengan memiliki serat yang lurus dan terpadu
Kulit kayu
kulit kayu yang masih muda biasanya berwarna hijau dengan perpaduan warna putih. Namun ketika sudah tua kulit berubah dengan mengelupas dan berubah warna menjadi cokelat


Untuk lebih memahami mengenai ciri-ciri dari kayu mahoni, mungkin bisa lebih mudah jika dengan mengamati bentuk fisiknya secara langsung.
Kayu mahoni adalah salah satu jenis kayu yang memiliki kualitas baik, namun tingkat ketahanan terhadp hama dan cuaca serta keawetannya sedikit di bawah kualitas kayu jati. Kayu mahoni sangat rawan terhadap hama rayap sehingga tidak cocok untuk furniture outdoor dan sangat disarankan untuk penempatannya tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Dan hal tersebut adalah salah satu kelemahan dari kayu mahaoni. Berikut ini adalah sekilas tentang kelemahan dan kekurangan mahoni:
Kekurangan Kayu Mahoni
Kelebihan Kayu Mahoni
Mudah Diserang Hama Kayu Terutama Rayap Rayap
Harga Lebih Murah
Sangat Mudah Berjamur
Memiliki Serat Yang Halus Dan Pori Yang Kecil
Tidak Tahan Perubahan Cuaca
Mahoni Memiliki Textur Yang Cantik
Tidak Cocok Buat Produk Outdoor

Mudah Sekali Berbubuk


Jika ditelusuri kembali sebenarnya masih ada banyak lagi, akan tetapi saya membatasi artikel saya cuman sampai ciri-ciri kayu mahaoni saja, jadi kalau ingin lengkap baca saja: kelebihan dan kekurangan kayu mahoni.
Dalam industri perkayuan sendiri kayu mahoni dikenal sebagai jenis kayu pertukangan yang baik dan fungsional. Kayu mahoni ini dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai keinginan kita, sehingga mahoni banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk furniture seperti handycraft, aneka kursi, lemari, ukiran, meja, realif, ranjang dll.
Sekarang kayu mahoni sudah sering digunakan sebagai bahan baku pengganti dari kayu jati yang kini harganya semakin mahal saja. Hal ini ini dilakukan karena ada banyak faktornya, selain jumlah persediaan jati yang semakin berkurang, harganya kayu mahoni perkubik pun jauh lebih murah dari pada kayu jati. Dan hal tersebutlah yang merupakan peyebab utama bagi kebanyakan industri meubel kayu mulai dapat mengatasi masalah bahan baku sehingga kelangsungan proses produsi tetap berjalan  dan lancar, selain itu juga dapat menekan biaya produksi, sebab kayu mahoni harga belinya jauh lebih murah.

0 Response to "Apa Itu Kayu Mahoni? Dan Bagaimana Ciri-Cirinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel