5 Kelemahan Mebel Kayu Jati Yang Wajib Kalian Pahami

Banyak orang sudah atahu dan mengerti bahwa kayu jati adalah kayu yang sangat berkualitas. Hal tersebut karena  kayu jati memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca dan tahan serangan hama rayap jika dibandingkan dengan kayu jenis lainnya seperti mahoni, jadi saya jamin akan lebih awet.
Kayu jati selain awet juga memiliki karakter texture yang cantik dan warna yang khas sendiri jika disandingkan dengan jenis kayu keras lainnya, jadi jangan heran kalau jati menjadi pilihan utama dalam semua produk mebel kayu. Dan hal tersebutlah yang membuat kayu jati semakin mahal setiap harianya, karena pengusaha mebel umumnya menggunakannya.
Pohon jati bisa hidup hingga umur ratusan tahun, namun sebagian besar jati yang di tebang adalah berumur 40 tahunan, tinggi pohonya sendiri bisa mencapai 50 meter dengan diamater bisa mencapai 1,5 meter. Perkembangan tumbuh jati termasuk lambat jika dibandingkan dengan mahoni, karena mahoni dengan umur 20 tahun saja sudah sangat tinggi dan besar. Namun hal tersebutlah yang membuat jenis kayu jati ini sangat istimewa.
Setiap jenis kayu pasti memiliki kelemahan maupun kelebihan masing-masing, dan hal tersebutlah yang membedakan antara satu dan lainya. Dan yang saya bahas kali ini adalah dari sisi kelemahannya. Yap...betul sekali, yang saya akan bahas mendetail adalah 5 kelemahan mebel kayu jati yang harus kalian baca sebelum membeli furniture jati, berikut ini adalah ulasannya:
Kelemahan Mebel Kayu Jati
mebel kursi kayu jati

Kelemahan Kayu Jati

Sebenarnya ada banyak sekali keunggulannya, namun yang saya uaraikan adalah kekurangan saja, karena saya rasa kalian sudah menggerti akan kelebihannya, kelemahan kayu jati tersebut antara lain:

Harga Jati Yang Mahal

Kayu jati sangat fungsional karena dapat digunakan untuk membuat apapun, baik, kusen, pintu, jendela, lemari, kursi, ranjang, meja, tempat tidur, ukiran, relif dan lain-lain. Oleh sebab itu jati banyak dipakai dan diminati berbagai pengrajin
Mebel, hal itu berbanding terbalik dengan proses penanaman jati yang membutuhkan waktu lama hingga siap tebang. Sehingga stok kayu yang semakin berkurang namun yang membutuhkanya semakin banyak. Dan hal tersebut yang membuat jati semakin mahal.
Bandingkan saja dengan mahoni, harga perkubik mahoni 2017 ini jauh lebih murah ketimbang jati. Namun hal tersebut saya rasa sebanding dengan kualitasnya.
Proses Pengeringan Yang Lebih Rumit
Ada banyak cara pengeringan kayu jati, namun hal tersebut bisa membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa sampai 30 hari lamanya.
Berikut ini adalah proses pengeringan kayu jati:

  • kayu yang sudah dipotong dan berupa papan kemudian di jemur disinar matahari langsung selama 1 minggu.
  • setelah di jemur, kayu jati dibentuk menjadi komponen-kompone sesuai pola yang dibutuhkan, biasanya komponen di lebihkan sepersekian mili guna nanti diserut dan di amplas setelah pengeringan selesai
  • komponen kemudian dimasukan ke dalam oven kayu selama kurang lebih 14 hari hingga 20 hari sebelum dapat diproses selanjutnya.
  • selanjutnya proses sortir, jika sudah selesai adalah proses sortir, kayu jati yang menyusut akan dipisahkan kerena tidak layak pakai.
  • setelah itu adalah proses produksi
Karena kerumitan dalam proses pengeringan jati ini membuat para pengrajin selalu membuat stok yang melimpah di perusahaanya. Jadi jangan heran jika harga furniture jati sangat mahal.

Pori-Pori Kayu Besar

Salah satu kelemahan yang paling mendasar adalah hal ini, kalian harus mengetahui bahwa jati memiliki pori kayu yang sangat besar jika disandingkan dengan jenis lain. Hal ini membuat jati tidak cocok jika dibuat furniture dengan finishing cat duco. Sebab dalam cat duco yang paling penting adalah menutup pori-pori, bisa saja menggunakan jati, namun prosesnya akan semaikin lama dan tambah rumit. Jadi saya sarankan menggunakan mahoni saja jika akan di finishing duco.

Izin Penebangan Hanya Dimiliki Perhutani

Sebelum seseorang dapat menebang kayu jati, pastikan dahulu kalau sudah mengantongi surat ijin dari perhutani. Karena perum perhutani adalah satu-satunya yang resmi mengeluarkan izinnya. Syaratnyapun tidak mudah, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Dan hal tersebut yang menghambat seseorang untuk menebang kayu jati secara langsung. Dan undang-undang itu sudah di atur pemerintah. Akan ada sangsi pidana atau denda jika kita melanggarnya.

Sertifikasi

Untuk produk yang dijual di indonesia sendiri saya rasa tidak membutuhkan sertifikasi. Tapi yang menjadi masalah adalah konsumen asal negara amerika dan eropa, mereka menuntut adanya sertifikasi pada setiap produk furniture yang dibuat dari kayu jati. Jadi jika kalian akan export kenegara tersebut kalian harus sudah memilikinya disetiap produk.

Sekian tentang 5 kelemahan mebel kayu jati, kayu jati adalah kayu yang istimewa, dan tidak semua orang dapat menebangnya, harus yang belisensi dari perhutani yang bisa. Terlepas dari itu kayu ini memiliki beragam kelebihan, namun juga memiliki banyak kelemahan. Tulisan saya ini berdasarkan pengalam saya dibidang mebel kayu di jepara, jadi jangan ragukan lagi...hehehe...