TIPS MEMILIH FURNITURE KAYU BERKUALITAS

Di sini saya akan share sedikit ilmu mengenai cara atau tips memilih furniture kayu berkualitas, berdasarkan pengalaman saya di dunia meubel jepara, yang pastinya akan sedikit memebantu kalian saat akan memilih perabotan kayu terbaik, sehingga kalian tidak menyesal di kemudian hari.

Saya sudah sering membuat mebel dari berbagai macam kayu, jadi sedikit banyak saya mengetahui dan menilai mana yang baik dan mana yang tidak, hanya sekilas mata saja. untuk itu bagi kalian yang akan membeli furniture kayu wajib menyimak ulasan saya kali ini tips Berikut

hal-hal yang wajib kalian ketahui sebelum memilih dan membeli furniture kayu berkualitas.

MEMILIH FURNITURE KAYU BERKUALITAS
contoh furniture berkualitas

1. Memilih jenis Kayu berkualiatas

Dulu saya berpikir kalau kayu keras dan kayu lunak itu sama saja. padahal Sebenarnya sangatlah berbeda, kalian bisa mengujinya dengan cukup mudah dengan mencoba menggambar garis tipis dengan kuku jari kalian melintasi urat kayu, Jika hasilnya ada sedikit cekungan maka dapat dipastikan  itu kayu lunak.

namun umumnya kayu yang digunakan pada produk yang dijual di pasaran adalah jati solid dan mahoni, walaupun terkadang ada juga yang memesan menggunakan kayu meh, mindi ataupun sono, nammun tetap saja merupakan kayu keras. jadi pastikan saat membeli furniture dari bahan utama kayu tersebut.

namun ada juga perusahaan yang menggunakan kayu partikel dan triplex kemudian dilapisi vinier, tp saya rasa tidak terlalu awet dan tidak tahan lama, jadi pilihlah yang terbuat dari kayu bertipe keras dan solid.

ciri-ciri kayu berkualitas


  • umur kayu sudah tua
pilihlah yang menggunakan kayu yang benar-benar tua, cara memilihnya cukup sulit jika sudah di finishing, yang pasti serat kayu lebih padat, warnanya lebih gelap dan merata, selin itu juga lebig berat

  • kayu tidak crocoh atau berlubang
biasaya ini diakibatkan hewan pemakan kayu, dan akan membuat kayu menjadi rapuk dan rapuh, dan hampr semua jenis kayu dimakan hewan ini seperti jati dan mahoni.

  • kayu benar-benar kering
salah satu yang sangat menentukan kualitas kayu adalah kadar air dalam kayu tersebut, semakin kering kayu maka akan membuatnya menjadi semakin baik , dan begitu sebaliknya. maka membeli furniture dengan bahan kayu yang sangat kering adalah sebuah keharusan.

2. konstruksi kayu

Konstruksi gabungan merupakan penentu utama furnitur berkualitas. konstruksi yang kuat akan membuat produk itu memeliki masa pakali yang lama dan tidak mudah roboh, berbeda sekali kalau dibuat dengan asal-asalan. furniture dengan konstruksi yang baik biasanya di lem secara merata, di paku, di skrup. lebih baik lagi jika di dowel (pasak kayu yang dimasukkan ke dalam dua lubang yang berlawanan) dan di beri siku2 di setiap sudut, yang tentunya akan membuatnya semakin kuat.

 ciri-ciri konstruksi furniture yang baik


  • simetris
simetris atau memiliki sisi dan sudut yang sama atau dalam istilah pertukangan tidak njinteng, sering kali menjumpai kursi atau meja kayu yang antara tinggi kaki kanan dan kirinya sedikit berbeda sehingga tidak kokoh dan dapat bergoyang, alhasil kita harus menganjalnya dengan kertas. dan hal tersebut saya rasa sangat fatal karena kemungkinan salah pengukuran saat proses produksi sangat tinggi, untuk memastikanya cukup mudah cukup letakan kursi atau meja di tempat yang rata, jika digoyangkan tidak bergerak maka dapat dipastikan bahwa simetris.


  • lem benar-benar merekat dan keras
sering kali saya mendapati kaki-kaki kursi ataupun meja yang lepas karena proses pengeleman yang kurang obtimal, seperti takaran resin dan pengeras (harderner) yang tidak pas yang membuat lem tidak mengeras dan mudah sekali lepas, jadi memastikan lem benar-benar merekat dan keras adalah salah satu kunci apakah konstruksi kayu kuat atau tidak, cara mengeceknya sangat mudah sekali, cukup dengan tekan menggunakan kuku pada bagian lem, jika saat ditekan terasa memantuk seperti karet maka dapat dipastikan bahwa lem tidak mengeras dan hasilnya kurang maksimal


  • memiliki siku-siku penguat di setiap sudutnya
satu ini adalah yang sering diremehkan orang, banyak sekali furniture kayu diluaran sana tidak menggunakan siku penguat, baik siku yang terbuat dari kayu maupun dari besi, sehingga yang seharusnya masa pakai meubel kayu tersebut 15 tahun bisa berkurang karena roboh sebelum waktunya. maka memberikan siku penguat adalah salah satu pilihanya.


  • adanya pemberian dowel dan skrup untuk memperkokoh
ini menurut saya sangat penting. terlepas dari lem adanya dowel atau skrup dapat menarik satu bagian dengan bagian lainya sehingga sangat menjadi kuat, jadi wajar sekali kalau ini menjadi faktor penting didalam konstruksi menurut saya.


  • khusus untuk sofa 
Sofa kualitas konstrusi bagus biasanya lebih berat, dan rangka kokohnya harus terbuat minimal dari mahoni kayu kering yang bebas dari sampah. Saat kalian memegang bagian belakangnya, pastikan tidak terasa kosong atau hampa, karena itu adalah salah satu tanda konstruksi tidak kokoh. dan Bantalan harus mempertahankan bentuknya saat kita sedang duduk.

3. pilihlah desain yang sesui ruangan

banyak sekali orang diluaran sana yang membeli sebuah produk meubel tanpa berpikir desain rumah ataupun desain ruangannya dahulu. hal ini saya rasa sangat penting, bayangkan saja jika kalian punya rumah dengan desain minimalis kemudian di isi furniture ukiran jepara yang rumit dan sangat besar sehingga mengisi penuh ruangan, maka hasilnya akan kurang maksima dan membuat kita sendiri menyesal.
masalah yang sering timbul jika memilih desain furniture yang salah
a. tidak nyambung dengan desain rumah
b. memenuhi isi ruangan
c. tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal
d. penyesalan di kemudian hari

4. tools berfungsi semestinya

tools yang saya maksud disini seperti: laci, penguncian,engsel dan lain-lain. perikksa dahulu hal tersebut, dan pastikan bahwa laci dapt maju-mundur dengan lancar, penguncian berfungsi semestinya, pintu tidak meneluarkan bunyi dan dapat dengan mudah dibuka dan di tutup

5. membandingkan harga

ini cukup mudah jika kalian membeli secara online karena dapat membandingkan secara langsung antara satu dan lainya. tp akan sangat susah membandingkan harga antara satu showroom dengan showroom meubel lainnya, maka solusinya kalian dapat bertanya teman yang sudah membeli furniture kayu, dan membandingkan harganya.

6. belilah dari toko meubel secara langsung

untuk bisa mengecek tips di atas hanya bisa jika beli secara langsung, karena bila secara online tidak akan bisa di cek. kalian dapat langsung ke kota jepara untuk membeli secara langsung, kenapa harus jepara???? karena di jepara terdapat ratusan toko meubel yang menjual beraneka jenis furniture berkualitas, seperti : kursi, meja, set tamu, lemari pakaian, rak buku, depan atau tempat tidur, daybed, figura, realif, patung dan ukiran rumit yang semua terbuat dari kayu jati ataupun mahoni, harganyapun jauh lebih murah karena beli dari produsen meubel langsung. dan perlu diketahui bahwa hampir semua toko di online dan offline di seluruh indonesia dipasok dari kota jepara

namun jika kalian malas ke jepara maka kalian dapat memesan langsung se saya ini..hehehe, walaupun saya bekerja sebagai tukang dan tidak memiliki meubel sendiri tetapi dapat memesankan langsung dari pengrajin, yang tentunya harganya sedikit lebih mahal dari produsen karena saya ambil untung juga, namun saya dapat jamin bahwa kriteria di atas terpenuhi semua.

sekian tips memilih dan membeli furniture kayu berkualitas, saya menulis berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi saya. jika kalian tidak berkenan silahkan sampaikan lewat kolom komentar.

0 Response to "TIPS MEMILIH FURNITURE KAYU BERKUALITAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel