JENIS-JENIS, BAHAN, UKURAN DAN DESAIN MEJA DI INDONESIA

Meja dapat ditemukan di seluruh rumah dan melayani berbagai keperluan, meja datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan di buat dalam berbagai gaya. Bentuk dan fungsi perpaduan, seperti semua perabotan, meja berguna sambil memiliki karakter estetika tertentu yang memungkinkan mereka menyesuaikan diri atau meningkatkan desain interior sebuah ruangan. Dibuat dengan pilihan bahan dasar dan atas, fitur desain meja membantu menentukan tampilan mereka. Bergantung pada ukuran, material dan kualitas keseluruhan, furniture meja biasa dijual dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. meja kayu biasa dijual secara terpisah dan dalam satuan set. sedangkan jenis atau macam macamnya ada banyak sekali, dari meja makan hingga meja belajar, berikut adalah macam-macam jenis meja yang di jual di tempat saya yaitu jepara
bentuk dan ukuran meja
gambar meja yang pernah saya buat

macam-macam jenis meja

Meja Makan

Ada beberapa jenis meja, masing-masing melayani tujuan tertentu. Dari rumahan, meja makan adalah yang terbesar, menyediakan tempat dari 2 sampai 8 atau lebih tempat pengaturan ditambah ruang untuk menyajikan hidangan, pusat bunga dan banyak lagi. Meja makan bisa santai atau formal. gaya kasual biasanya ditemukan di sudut dan area makan dapur, sementara gaya formal terletak di ruang makan, cocok untuk acara-acara khusus atau makan keluarga. Meja makan lipat berguna untuk makan di luar ruangan atau di rumah dimana ruang terbatas merupakan faktor.

Meja tamu

Meja tamu terletak di ruang tamu ditengah-tengah antara kursi dan bangku, ada banyak sekali meja tamu yang dijual di indonesia khususnya di jepara sendiri, dan biasanya dijual satu set dengan kursi dan bangku tamu sehingga serasi. karena fungsinya yang sangat krusial maka membeli meja tamu dengan kualitas terbaik akan menjadi sebuah keharusan

Meja Kopi

Meja kopi umumnya panjang dan rendah sampai ke tanah. Diletakan di ruang tamu atau ruang duduk, meja kopi menjadi focal point visual di sebuah ruangan, dikelilingi perabotan untuk diduduki. Meja kopi tidak dimaksudkan untuk makanan, tapi mereka membuat tempat peristirahatan yang bagus untuk minuman, bahan bacaan dan dekorasi musiman.

meja belajar

meja belajar ditujukan untuk menunjang seseorang untuk belajar, baik bagi orang dewasa, remaja ataupun anak-anak. desain dan ukuranyapun disesuaikan dengan orang yang memakainya dan biasa dijual satu set dengan kursi belajar. meja belajar ini sangat mudah ditemui karena dijual di toko online furniture dengan harga yang kompetitif, harganyapun cukup lumayan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung desain dan material utamanya.

meja rapat 

meja rapat memiliki ukuran yang sangat besar, karena menyediakan tempat untuk 6 sampai 10 atau lebih tempat, dan biasanya memiliki desain yang formal karena untuk acara rapat tertentu, dengan bentuk bulat, oval, kotak, persegi ataupun berbentuk huruf U. meja rapat biasanya di pesan secara custom dan dijual dengan harga yang sedikit mahal, namun jika kalian ingin membuat meja rapat secara custom dari penjual terpercaya maka saya dapat membantu merealisasikanya, cukup dengan menghubungi saya langsung.

meja rias (tolet)

meja rias merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita, terutama untuk wanita. selain fungsi utamanya sebagai untuk merias, meja ini juga dapat mempercantik kamar kalian. desainnya sendiri satu paket dengan cermin pantul dengan ukuran yang tidak begitu besar, sehingga tidak membuat kamar sesak. 

meja sudut

meja ini bberbentuk kecil dan memiliki laci penyimpanan, biasanya di letakan disudut ruangan atau disamping tempat tidur, dan diatasnya digunakan untuk menaruh barang seperti telepon, buku, lampu ataupun hiasan. fungsi pentingnya adalah untuk mengisi ruang kosong sehingga dapat mengikatnya menyatu dengan ruangan lainya

Bahan utama membuat meja

Bahan meja dapat dibagi menjadi dua area: dasar (bawah) dan  daunan (top). Material dasar hampir selalu terdiri dari beberapa jenis kayu atau logam, daunan (top) biasanya menggunakan material, kaca temper, marmer, travertine, keramik dan batu tulis. Bergantung pada gaya meja, bahan atas mungkin berbeda dari alasnya.

Meja Kayu

kayu yang digunakan adalah pohon kayu jati, mindi, pinus, sono, mahoni, nangka dan lain-lain. yang rerupan kayu solid atau kombinasi lapisan luar inti dan veneer. Furnitur kayu solid umumnya lebih mahal dan tahan lebih lama. sedangkan veneer, lembaran kayu tipis tipis dilekatkan pada inti komposit atau kayu solid yang lebih murah. Bila dilakukan dengan benar, meja veneer terlihat sama bagusnya dengan yang asli. dan finishing yang digunakan biasanya cat, lacquers berkilau tinggi, melamine,dan pernis

Meja Logam

Bahan dasar utama lainnya adalah logam. Meja antik asli yang baru dibuat sering menampilkan besi tempa, kuningan atau perunggu. Potongan kontemporer memanfaatkan logam yang lebih ringan seperti nikel disikat, baja tubular atau chrome dan aluminium. Kecuali meja di luar ruangan, dengan basis logam biasanya memiliki kaca atau bagian atas kayu. Demikian pula, bagian atas berbingkai logam mungkin termasuk tatahan dekoratif keramik, marmer, batu tulis atau kaca.

Ukuran meja

Setiap jenis meja memiliki berbagai ukuran yang kompatibel dengan tujuannya. Meja makan umumnya sekitar 30 inci dari tanah untuk menyediakan ruang kaki yang cukup bagi tamu yang duduk. Meja kopi jauh lebih rendah, terkadang hanya setinggi kaki atau lebih, sedangkan meja sudut biasanya berkisar antara 22 sampai 30 inci dengan tinggi total. Pelari lebih tinggi untuk memberikan permukaan yang mudah dijangkau saat seseorang masuk melalui pintu depan atau menyusuri lorong. Dimensi lebar dan panjang bervariasi menurut desain. Pelari panjang dan lebarnya, seperti juga meja kopi. Meja makan sering menampilkan daun yang dapat disisipkan untuk memperluas keseluruhan ukuran atau bentuk potongan. 

Bentuk

Bentuk meja meliputi bulat, oval, persegi, segi empat, segitiga dan tidak beraturan. Meja makan dan meja kopi hampir selalu berbentuk lingkaran, oval, persegi atau persegi panjang, sedangkan meja ujung segitiga agak umum. Meja berbentuk tidak teratur biasanya kontemporer dalam desain, karena pola asimetris dan tidak konvensional seringkali digunakan di area tertentu. bentuk meja bisa berubah. Meja makan kasual bundar menjadi persegi saat semua daun dijatuhkan atau menjadi oval dengan daun ekstensi. Bentuk yang tepat untuk meja yang diberikan adalah masalah selera dan koordinasi pribadi dalam tema desain.

Gaya dan Desain meja

Selain fungsionalitas, meja memberikan nilai estetika. Untuk alasan ini, gaya meja harus sesuai dengan bagian ruangan lainnya. dan kini semakin banyak sekali desain meja baik, modern, klasik, tradisional, vintage dan antique. yang semuanya dapat disesuaikan dengan desain rumah dan ruangan kalian


sekian tentang jenis-jenis, bahan, ukuran dan desain meja di Indonesia, khususnya di tempat saya tinggal yaitu jepara, dan di perlu diketahui dijepara banyak perusahaan meubel yang memproduksi furniture kayu seperti kursi, meja, tempat tidur (depan), lemari dan rak yang terbuat dari kayu jati ataupun mahoni yang berkualitas.