CARA MEMILIH FURNITURE BERKUALITAS

Tidak sulit menilai kualitas furniture kayu dan Anda tidak perlu menjadi ahli untuk melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah melihat materi, konstruksi dan selesaikan dan luangkan waktumu. Hal ini juga dapat membantu untuk mengenal beberapa istilah furnitur kayu.
CARA MEMILIH FURNITURE BERKUALITAS
cara mengetahui furniture berkualitas atau tidak

material kayu

Furniture terbuat dari kayu yang berbeda tergolong keras, lunak atau kayu partikel. Jenis kayu yang digunakan adalah salah satu faktor yang menentukan berapa lama furnitur Anda akan bertahan.

Furnitur berkualitas umumnya terbuat dari kayu keras yang berasal dari pohon seperti pohon mahoni, jati, nangka, pinus, sono dan lain-lain. Kayu akan dikeringkan dengan panas matahari kemudian dikeringkan lagi menggunakan oven untuk menghilangkan semua kelembaban.

Pohon konifer seperti pinus, cemara, kayu merah dan kayu cedar menghasilkan kayu lunak. Ada kemungkinan untuk dijadikan furniture berkualitas, tapi mereka memerlukan perawatan lebih karena mereka lebih rentan terhadap goresan dan penyok.

Furnitur kayu solid sebagian besar adalah kayu asli dari pohon. kita masih bisa menemukannya di banyak tempat, tapi lebih umum lagi untuk menemukan furniture yang terbuat dari kayu lapis atau kayu imitasi, kemudian di lapisi vinnier.

Konstruksi

furniture yang baik adalah furniture yang memiliki konstruksi yang kokoh dan tidak gampang rusak.

skrup dan dowel adalah dua cara tertua dalam memperkokoh furniture agar tahan akan kerusakan konstruksi, dan mereka membuat sendi yang paling kuat dan paling menarik secara visual. Sendi yang baik juga bisa memiliki siku2 yang kuat dan lem tidak terlalu terlihat dari luar

Meja atau laci  yang berkualitas baik mungkin memiliki panel  atau lembaran kayu tipis di antara laci-laci di bagian tubuhnya. Hal ini tidak hanya membuat mereka lebih kuat secara struktural

Panel belakang yang menghadap ke dinding umumnya dilapisi dengan sekrup untuk membantu memastikan stabilitas lateral. Punggung dan bagian yang tidak terpapar harus diampelas dengan mulus dan pas. Dan berikut ini adalah faktor penting - hanya furnitur yang berkualitas baik memiliki rincian ini.
  1. Laci harus berfungsi dengan baik dan dapat meluncur dengan mudah memindahkan laci masuk dan keluar dari posisinya. Mereka juga harus dapat berhenti untuk mencegah agar laci ditarik keluar atau jatuh. di perabot kantor seperti meja, lemari arsip dan deretan komputer fungsi ini sangat penting.
  2. Pintu harus dapat tertutup dengan rapi.
  3. Uji untuk kekokohan dengan mencoba mengkoyaknya atau berdesak-desakan. Seharusnya tidak mencicit  ataupun goyah.
  4.  sejajar dengan lantai atau simetris (tidak njinteng)
  5. Kualitas furnitur kayu juga akan memiliki finishing yang bagus. Pengamplasan, pewarnaan dan finishing adalah bagian dari proses penting. dan pengabaian pada salah satu tahap ini dapat mempengaruhi keseluruhan kualitas meubel
  6. Pengamplasan merupakan langkah awal dalam proses finishing. Potongan yang bagus akan mulus sehingga tidak ada bekas tambalan saat sudah jadi.  seperti garis gelap atau goresan di permukaana akan membuat furniture menjadi tidak elok di pandang. Kayu  yang tidak diolah dengan benar tidak akan menghilangkan noda secara merata. Periksa hasil akhir dari sudut yang berbeda untuk memeriksa kecupan atau goresan.
  7. Stain yang bagus meningkatkan keindahan alam dari kayu dan menambah warna dan karakter. Ini bisa membuat satu jenis kayu terlihat seperti yang lain, atau membuat warna yang berbeda terlihat serupa. Pewarnaan kualitas tinggi bahkan akan terlepas dari noda gelap.
  8. Semua sisi dan ujungnya harus nada yang sama.
  9. Hasil akhir yang berkualitas tinggi terasa halus dan bebas dari bintik-bintik kasar, bintik debu atau gelembung. Carilah kedalaman dan kekayaan di finish, yang berasal dari beberapa mantel ringan selesai dengan pengamplasan di antara kayul. Potongan berkualitas tinggi selesai di bagian belakang dan di bagian bawah juga untuk mengurangi kemungkinan pembengkakan atau penyusutan.

beberapa hal yang sering terjadi pada roduk kurang baik



  1. Permukaan kasar
  2. Permukaan yang sangat glossy atau mendung yang menyembunyikan butiran kayu
  3. Tepi yang tidak simetris
  4. Goresan, penyok, atau ada titik debu dai atas finishing
  5. "Teardrops" di sekitar tepi dan pada permukaan vertikal

sekian artikel tentang cara memilih furniture berkualitas, semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.

0 Response to "CARA MEMILIH FURNITURE BERKUALITAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel